suplemenGKI.com

Senin, 22 Oktober 2012

Yeremia 31:1-6

Pernahkah Saudara mendapatkan janji dari seseorang? Apakah janji itu ditepati ataukah diingkari? Tidak semua janji ditepati. Lalu bagaimana dengan janji TUHAN? Masihkah janji TUHAN di jaman dulu berlaku di jaman ini? Masihkah janji TUHAN dapat kita percayai? Hari ini kita akan merenungkan tentang janji TUHAN bagi umat-Nya
Pendalaman Teks Alkitab  


• Ayat 1, 2 : Mengapakah TUHAN menegaskan kembali kepada umat-Nya bahwa TUHAN menjadi Allah bagi kaum Israel?
• Ayat 3 : Apakah yang saudara rasakan ketika membaca janji TUHAN dalam ayat ini?
• Ayat 4-6 : Bagaimanakah respon umat yang menerima janji TUHAN?
• Di tengah beratnya kondisi kehidupan, masih percayakah Saudara akan janji TUHAN?

Renungan

Hubungan TUHAN dengan umat-Nya seringkali digambarkan dengan hubungan perjanjian. Bacaan hari ini menggambarkan perjanjian baru yang TUHAN buat dengan umat-Nya di tengah keragu-raguan umat akan janji TUHAN. TUHAN berjanji akan melakukan karya pemulihan yaitu memulihkan masa depan umat-Nya. TUHAN berjanji memulangkan Israel dari pembuangan, bukan hanya suku Yehuda tapi juga suku-suku lain. Ayat 1-6 menggambarkan bangsa Israel terluput dari pedang (ayat 2b). Mereka adalah penduduk Kerajaan Israel Utara yang masih hidup dan yang dibuang sesudah peperangan melawan tentara Asyur dan kepuangan kota Samaria.

Pembuangan Israel yang dimulai tahun 722 digambarkan bagaikan pengembaraan baru di padang gurun. Mereka tidak memiliki waktu istirahat, kehidupan mereka tidak mencapai tujuan dan tidak berhasil. Namun sebagai orang-orang buangan, mereka mendapatkan kasih karunia TUHAN bagaikan kasih karunia yang dialami umat TUHAN dalam sejarah manakala mereka di tengah situasi sulit dalam pengembaraan di padang gurun pada jaman Musa. Di tengah beratnya perjalanan mereka mencari tempat istirahat. Mereka mencari ketenangan dan tempat berteduh. Dan TUHAN memberi memberi mereka perteduhan dengan janji-Nya yang menenangkan. TUHAN menampakkan diri-Nya kepada mereka dari bait suci Yerusalem yang sudah jauh dan menghibur mereka dengan Firman-Nya.

TUHAN mengasihi umat-Nya dengan kasih kekal. Janji Kasih setia TUHAN bukan hanya terjadi dalam sejarah masa lampau tapi dilanjutkan di masa kini. Janji kasih setia TUHAN terus berlanjut. TUHAN akan memulihkan Israel. Janji pemulihan Israel digambarkan dalam tiga aspek. Yang pertama keadaan baru umat digambarkan bagaikan seorang anak dara ( gadis yang masih suci) yang bermain rebana dan menari dengan gembira. Yang kedua, kebutuhan jasamani mereka akan dipenuhi. Mereka juga akan mengalami pemulihan kehidupan; kehidupan pertanian akan mengalami panen yang berhasil. Mereka akan merasa tenteram dan menikmati damai sejahtera. Yang ketiga, orang-orang Israel Utara akan pergi dan beribadat di atas gunung Sion di Yerusalem. Ini berarti bahwa semua bangsa akan dipersatukan secara rohani.

Sungguh janji TUHAN ini memberikan kekuatan dan pengharapan baru bagi umat di pembuangan yang sedang mengalami kegersangan pengharapan. Apakah Saudara sedang mengalami perjalanan hidup yang berat bagaikan berjalan di padang gurun yang kering dan gersang? Di tengah keletihan yang Saudara alami, ingatlah janji kasih setia TUHAN. Janji TUHAN tetap sama dan terus berlaku dari dulu, sekarang dan nanti. Ingatlah TUHAN berfirman: “ AKU mengasihi engkau dengan kasih yang kekal!” Arahkan hati, pikiran dan langkah hidup Saudara kepada TUHAN. Maka perjalanan hidup Saudara akan dipenuhi kasih setia TUHAN.

Mari segarkan perjalanan hidup Saudara dengan menyanyi NKB 143:1
Janji yang manis: “Kau tak Kulupakan”, tak terombang-ambing lagi jiwaku;
Walau lembah hidupku penuh awan, nanti’kan cerahlah langit diatasku.
Refrein:

“Kau tidak ‘kan Aku lupakan, Aku memimpinmu, Aku membimbingmu;
Kau tidak ‘kan Aku lupakan, Aku Penolongmu…..
Yakinlah teguh”

Janji TUHAN menerangi gelap perjalanan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*