suplemenGKI.com

Kejadian 1:9,10, 20-22; Mazm 104:24-31; Markus 16:15

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tahun 2014 ini, peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia mengusung tema “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”. Hal itu selaras dengan tema World Environment Day 2014 yang telah ditetapkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) sebelumnya; “Raise Your Voice, Not the Sea Level”. Tema ini mengandung maksud akan pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan.
Berkaitan dengan tema tersebut, kita tahu bahwa Indonesia adalah Negara maritim yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk lima pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Wilayah pesisir dan laut Indonesia memiliki arti yang sangat penting, karena sekitar 30% mangrove dan terumbu karang terbaik dunia berada di Indonesia, sekitar 85% sumber daya ikan Indonesia berasal dari perairan pesisir dan sekitar 60 penduduk Indonesia hidup di wilayah pesisir. Sejalan dengan pesatnya kegiatan pembangunan, permasalahan lingkungan hidup dari hari ke hari dirasakan semakin kompleks, terutama dampak perubahan iklim yang antara lain menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Hal ini akan berdampak langsung terhadap kondisi pesisir dan laut serta keberadaan sejumlah pulau-pulau kecil yang ada dalam gugusan kepulauan Indonesia.
Apa yang Allah katakan tentang alam ciptaan-Nya?
• Kejadian 1:9,10, 20-22 menyatakan tentang penciptaan lautan dan binatang-binatang penghuni lautan. ALLAH menciptakan mereka baik adanya. ALLAH memberkati mereka hingga mereka berkembang biak dan bertambah banyak.
• Sedangkan Mazmur 104:24-31 menggambarkan tentang besarnya karya TUHAN yang menciptakan bumi beserta lautan. Lautan yang terbentang luas dan besar diisi makhluk-makhluk ciptaan TUHAN yang tidak terbilang banyaknya namun semuanya diberi makan dan kehidupan oleh TUHAN.
• Apakah berhenti sampai disitu? Tidak! Ada sebuah panggilan bagi manusia sebagai ciptaan yang mulia di tangan Allah. Markus 16:15 berbicara tentang tugas panggilan kita untuk bersahabat dan menjadi berkat bagi segala makhluk. Di tengah kerusakan dan penderitaan alam ini, mari mendengar perintah TUHAN YESUS dalam Markus 16:15 “Pergilah keseluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk”.
Bagaimanakah bentuk pekabaran Injil bagi seluruh ciptaan di alam semesta ini? Jika kita memahami Injil sebagai kabar baik tentang kasih ALLAH maka mengabarkan Injil kepada alam semesta berarti mewujudnyatakan kasih ALLAH secara konkret dalam sentuhan kasih bagi alam semesta. Yang dimaksud adalah tindakan atau perbuatan yang membangun kehidupan seluruh ciptaan TUHAN di alam semesta ini; bukan tindakan yang merusaknya. Seperti: menanam, mendaur ulang, menjaga perairan dari pencemaran limbah, dll. Mewujudkan kasih ALLAH dalam tindakan nyata untuk melestarikan, membangun dan menyelamatkan alam berarti JADI SAKSI TUHAN BAGI KEUTUHAN SELURUH CIPTAAN.
-Su-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*