suplemenGKI.com

Minggu, 26 Desember 2010

Matius 2 : 19-23

Seringkali kita tidak dapat memahami apa yang Tuhan rencanakan di dalam kehidupan ini. Mengapa kita harus mengalami banyak persoalan hidup. Inilah yang dialami oleh Yusuf bersama dengan keluarganya.
Ayat 19-20 : Apa yang Tuhan kehendaki dari Yusuf dan keluarganya?
Ayat 21-23 : Bagaimana akhir kisah pelarian Yusuf bersama dengan keluarganya ?

Renungan:
Beberapa tahun kemudian setelah peristiwa pembunuhan anak-anak di Betlehem, matilah raja Herodes. Tiba waktunya bagi Yusuf dan keluarganya untuk meninggalkan Mesir. Tuhan Allah kembali mengirimkan malaikat-Nya untuk datang dalam mimpi Yusuf dan memberitahu bahwa mereka harus segera berangkat ke tanah Israel. Saat perintah itu datang, Yusuf sangat bersuka cita sebab mereka dapat segera kembali ke tanah kelahirannya namun setelah didengar bahwa yang menjadi raja saat itu adalah Arkhelaus, Yusuf menjadi takut sebab Arkhelaus juga seorang yang kejam. Setelah dinasehati dalam mimpi, akhirnya Yusuf berangkat ke Galilea bersama dengan keluarganya. Mereka tinggal di sana dengan damai, di daerah yang bernama Nazaret. Yesuspun tumbuh besar di kota Nazaret.
Jika kita merenungkan kisah ini, mungkin kita akan bertanya : “Mengapa Yusuf dan keluarganya harus mengalami ketidaknyamanan dengan berpindah-pindah tempat? Kita tidak dapat memahami mengapa semua itu harus terjadi. Kita tidak memahami cara Allah untuk menolong umat-Nya. Tetapi di balik semua peristiwa yang terjadi di dalam hidup ini, Tuhan sedang berkarya untuk mendatangkan kebaikan bagi manusia. Setelah sekian lama Yusuf dan keluarganya hidup dalam pelarian dan tinggal di perantauan, pada akhirnya Yusuf dan keluarganya mendapatkan tempat tinggal yang aman, yaitu di Nazaret. Inilah cara Allah menyelamatkan Yesus dari kekejaman raja-raja dunia; cara Allah yang tidak pernah kita pikirkan tetapi mendatangkan kebaikan bagi kita.
Hidup ini bagai perjalanan yang tak terduga. Tidak semua hal yang kita lihat dan alami dalam perjalanan hidup dapat kita mengerti dengan baik. Bahkan ada peristiwa-peristiwa sulit yang tidak kita sukai namun harus terjadi. Percayalah dalam perjalanan hidup ini ada TUHAN sang Pemimpin perjalanan yang mengarahkan langkah kita. Kadang-kadang DIA membawa kita melewati jalan yang berliku dan sulit ditempuh namun itu semua untuk menyelamatkan kita dari bahaya yang bisa menghancurkan kita. DIA selalu ingin menyelamatkan kita. Rencana-Nya selalu membawa kebaikan bagi perjalanan hidup kita.

Di tengah jalan hidup yang berliku, ingatlah selalu ada tangan TUHAN, Sang Maha Tahu yang menuntun kita dengan kebaikan-Nya.

Ada sebuah lagu :
Indah rencana-Mu TUHAN di dalam hidupku
Walau ku tak tahu dan ku tak mengerti semua jalan-Mu
Dulu ku tak tahu TUHAN berat kurasakan
Hati menderita dan ku tak berdaya menghadapi semua
Tapi ku mengerti skrang Kau tolong padaku
Kini ku melihat dan kumerasakan indah rencana-Mu

”Mungkin kita tidak mengerti dengan apa yang sedang kita alami saat ini. Tapi percayalah di balik semua itu Tuhan punya rencana yang indah di dalam hidup kita.”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*