suplemenGKI.com

( Mazmur 33 : 12-22 )
Menghadapi masalah atau kesulitan tentu bukan hal yang menyenangkan dan bukan sesuatu yang kita inginkan. Kita ingin kehidupan kita selalu berjalan dengan baik, lancar, tanpa masalah atau kesulitan apapun. Tentu tidak salah jika kita menginginkan hal yang demikian, namun jika sekali waktu tanpa kita inginkan kita menghadapi kesulitan atau masalah, kita tahu kepada siapa kita berharap.
Mazmur 33 mengingatkan kita akan kebesaran dan kehadiran Tuhan dalam kehidupan umat manusia. Ayat 1-9 mengungkapkan bahwa Tuhanlah yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa Tuhan adalah Allah yang besar dan Maha Kuasa. Kebesaran dan Kemahakuasaan Tuhan ini memberikan keyakinan dan ketenangan dalam diri kita ketika menghadapi situasi apapun dalam kehidupan kita.
Ayat 12-22 secara lebih detail lagi menyatakan kehadiran Tuhan dalam kehidupan umat manusia. Tuhan bukan saja Allah yang menciptakan alam semesta ini tetapi Tuhan juga adalah Allah yang menguasai kehidupan ini. Pada bagian ini Pemazmur mengingatkan bahwa tidak ada satupun rencana dalam kehidupan manusia yang terjadi di luar kontrol Tuhan. Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini tidak luput dari pengawasan Tuhan.
Adakalanya manusia mengunggulkan kekuatan-kekuatan atau kehebatan-kehebatan yang dimilikinya. Acapkali manusia menganggap kekuatan-kekuatan dan kehebatan-kehebatan yang dimilikinyalah yang mampu mendatangkan rasa aman dan melindungi dirinya dari setiap persoalan ataupun kesulitan. Pemazmur menyebutkan contoh seperti kekuasaan, kekuatan dan kuda yang sering kali dianggap mampu memberikan kemenangan atau keselamatan, namun sesungguhnya keselamatan datangnya dari Tuhan. Tuhan, Sang Pencipta alam semesta dan Penguasa kehidupan inilah yang mampu mengontrol segala sesuatu dan memberikan kekuatan, kemenangan dan keselamatan kepada kita. Marilah kita terus percaya dan berharap kepada Tuhan dalam menghadapi segala sesuatu dalam kehidupan kita. Kita percaya kepada Tuhan yang janji-Nya teguh, akan senantiasa memeliharakan kehidupan kita. Amin.
-t.a-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

  • JSipayung says:

    Kalau segala sesuatu yg terjadi dalam kehidupan manusia ada di bawah kontrol Tuhan, bagaimana kita memahami terjadinya hal yg tdk dikehendaki-Nya? Contoh: pembunuhan, pemerkosaan, dll

    Mohon pencerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*