suplemenGKI.com

Jumat, 18 Oktober 2013

2 Timotius 3:14-17

PENGANTAR

Kita sedang hidup di zaman dimana orang meremehkan Alkitab, termasuk di kalangan orang Kristen. Tidak sedikit orang yang tidak lagi menganggap pentingnya Alkitab. Hal ini terlihat dari keengganan mereka membaca Alkitab selain di kebaktian minggu, hanya menyukai bagian Alkitab yang mudah dan menghibur daripada yang menegur.

 

PEMAHAMAN

Timotius, masih muda namun mendapat kepercayaan luar biasa untuk melayani Tuhan. Dalam kemudaan, ia menghadapi persoalan yang cukup berat terutama dari pengaruh pengajar-pengajar sesat yang menekan orang Kristen. Karena itulah Paulus memberikan nasihat kepada Timotius seperti yang kita baca di ayat-ayat hari ini.

  1. Ayat 14a: Apa yang dipesankan Paulus kepada Timotius?
  2. Ayat 14b-15: Bagaimana caranya menjalani hidup seperti yang dipesankan Paulus?
  3. Berdasarkan nasihat tersebut dan bercermin pada diri kita sekarang, apakah kegunaan Alkitab dalam kehidupan umat beriman?

 

RC. Sproul pernah pernah berkata, ”Orang Kristen yang tidak rajin terlibat dalam pembelajaran Alkitab yang serius, sebenarnya mereka belum sungguh-sungguh memadahi untuk dipakai sebagai murid Kristus.” Dengan kata lain, pelayanan yang baik kepada Allah harus ditunjang dengan pengenalan yang baik dan terus bertumbuh akan Allah. Pengenalan akan Allah hanya bisa dicapai ketika kita mempelajari kebenaran-kebenaran Alkitab.

Itu sebabnya nasihat Paulus sangat tepat. Tidak ada jalan lain untuk menghadapi segala tekanan, apapun itu bentuknya, baik penyesatan maupun yang lain, selain dengan tetap berpegang teguh pada Alkitab. Sebab Alkitab bukanlah buku bacaan biasa melainkan firman Allah yang diilhamkan langsung dari Allah kepada para penulisnya.
Dari nasihat Paulus kepada Timotius ini, kita diingatkan pentingnya Alkitab bagi orang Kristen, yaitu untuk:

-          Mengajar >> mengarah pada hubungan antara manusia dengan Allah, serta pengenalan akan Allah yang harus dimiliki manusia.

-          Menyatakan kesalahan >> Orang tidak akan mengerti tindakannya salah, jika tidak ada yang mengatakan tindakannya itu salah.

-          Memperbaiki kelakuan >> Alkitab tidak hanya menujukkan kesalahan manusia, tetapi juga membawa manusia itu kembali pada jalan kebenaran sesuai dengan kebenaran Alkitab.

 

REFLEKSI

Setelah diingatkan akan pentingnya Alkitab, apakah kegunaan Alkitab itu sudah Anda rasakan dan alami? Bagaimana Anda membawa keluarga Anda hidup dekat dengan firman Tuhan?

 

TEKADKU

Ampunilah aku ya Tuhan karena aku sering bingung, terombang-ambing dan tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika aku dihadapkan pada berbagai pencobaan hidup. Itu karena aku tidak cukup membekali diriku dengan firmanMu dan berpegang pada firmanMu. Tolonglah aku untuk terus menyadari pentingnya Alkitab dan tegurlah aku ketika aku mulai malas belajar Alkitab, firmanMu.

 TINDAKANKU

Lakukan satu hal hari ini pada orang di dekat Anda (anak/istri/suami/menantu/orangtua) yang membuat mereka ingat untuk bersaat teduh, baca dan belajar Alkitab.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*