suplemenGKI.com

identitas diri yang baru, gki ressud

(Kejadian 32:22-32)

Identitas adalah jati diri seseorang yang hanya dimiliki oleh pribadi tersebut dan tidak dapat ditiru oleh orang lain. Identitas adalah hal spesial dari orang tersebut. Identitas pribadi sangat penting untuk membedakannya dengan pribadi-pribadi yang lain.

Sejak awal kita mengenal seorang Yakub adalah pribadi yang suka menipu. Sesuai dengan namanya “Yakub = penipu” (Kej 27:36) itulah identitasnya. Paling tidak ada tiga orang yang telah menjadi korban penipuannya. Katakanlah: Ishak, Esau dan Laban. Sebagai konsekuensinya Yakub harus mengalami ketakutan, kecemasan dan kegelisahan. Hal yang menarik dari Yakub dalam perikop ini, yaitu sebuah proses hidup Yakub yang membawanya pada sebuah tonggak perubahan identitas. Saudara perhatikan betapa sulitnya Yakub bergumul melawan rasa ketakutan, ketidaktenangan dan ketidaknyamanan dalam hidupnya. Sekalipun mungkin sudah sekian lama ia meninggalkan Esau, sekarang ia berniat untuk pulang ke tempat kelahirannya. Tetapi yang ada dalam batinnya adalah ketakutan, sebagai konsekuensi identitas lamanya.

Di tengah-tengah kegalauannya ada sebuah tindakan yang positif dan konkrit dilakukan oleh Yakub. Ayat 24 “Lalu tinggallah Yakub seorang diri”. Tindakan Yakub menyendiri itu terkait erat dengan permohonannya kepada Allah (ayat 32:9-12) Tindakan menyendiri inilah sebuah proses awal yang mengindikasikan bahwa Yakub menyiapkan diri untuk menerima perubahan identitas dari lama (penipu) kepada yang baru.

Seorang laki-laki yang datang lalu bergulat dengannya semalam suntuk itu adalah utusan Allah. Saudara perhatikan ternyata tidak mudah untuk melepaskan identitas lama dan menerima identitas yang baru. Perlu bayar harga dan kerendahan hati untuk meminta. Yakub berkata “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku”

Sangat tepat bila dikatakan bahwa Yakub sangat membutuhkan campur tangan Allah untuk mengalami identitas diri yang baru. Ayat. 28 “Namamu tidak akan disebut lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia dan engkau menang” Itulah jawaban Tuhan terhadap pergumulan Yakub, identitas baru telah diberikan oleh Allah kepada Yakub, telah terjadi pembaharuan hidup dalam diri Yakub. Bukan sekedar berganti nama dari Yakub menjadi Israel tetapi Yakub telah meninggalkan hidup lama dan menyerahkan diri kepada Allah.

Saudara identitas diri yang baru dapat diperoleh ketika seseorang percaya dan menyerahkan diri kepada Kristus dan menerima karya penebusan-Nya. Tidak perlu mengganti nama yang sudah ada tetapi yang penting adalah mempercayakan diri dan penyerahan diri kepada Kristus. Amin.   (anda)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*