suplemenGKI.com

Sabtu, 13 Agustus 2011

Roma 11:33-36

Seorang istri berteriak histeris dan menagih janji TUHAN. Dia tahu bahwa TUHAN selalu merancang kebaikan bagi orang-orang percaya. Selama ini ia memahami bahwa rancanganTUHAN dalam hidup orang percaya adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Akan tetapi hari itu ia menghadapi kenyataan hidup yang berbeda. Suami bersama sepeda motornya terlindas truck saat berangkat menuju tempat kerja. Sang suami langsung meninggal dengan tubuh yang hancur. Kecelakaan ini tak dapat dipahami oleh si istri yang masih harus mengasuh 4 anak mereka. Bagaimanakah memahami misteri karya ALLAH di tengah situasi seperti ini? Apakah peristiwa ini merupakan rancangan ALLAH? Mengapa ALLAH tidak menyelamatkan suaminya? Mengapa ALLAH membiarkan kecelakaan itu terjadi? Aneka pertanyaan membebani pikirannya, namun dia tak menemukan satu jawaban pun.

Pendalaman Teks Alkitab

Ayat 33 – 35 : Mengapa manusia tidak selalu dapat memahami keputusan-keputusan ALLAH dalam hidupnya?
Ayat 36 : Apakah dampak dari pengakuan bahwa sungguh dalam kekayaan hikmat dan pengetahuan
ALLAH?

Renungan

Pemikiran-pemikiran teologis yang dijelaskan Paulus dalam bagian sebelumnya diungkapkan kembali dalam kalimat-kalimat puitis yang merupakan ungkapan hati. Memang sulit untuk memahami misteri kasih ALLAH. Yang bisa dikatakan manusia hanyalah segala sesuatu datangnya dari ALLAH, segala sesuatu adalah karena DIA dan bagi DIA dan segala sesuatu berakhir dalam DIA.

Tidak ada satu pun manusia yang dapat menjelaskan tentang ALLAH dan karyanya secara lengkap dan sempurna sebab ada banyak hal yang tidak kita mengerti tentang ALLAH. Oleh karena itu kita tidak boleh mengklaim diri sebagai orang yang paling benar dan paling tahu menjelaskan tentang misteri ALLAH dan karya-Nya. Sebaliknya justru perlu membuka diri untuk saling berdialog dan saling berbagi pemahaman tentang ALLAH dan karya-Nya.

Juga dalam aneka peristiwa kehidupan, sekalipun manusia dikaruniai ALLAH akal budi yang sanggup memikirkan banyak misteri kehidupan namun tokh tidak semua hal dapat dimengerti oleh pikiran manusia. Manusia memiliki pikiran yang terbatas. Kemampuan manusia memiliki batas. Hanya ALLAH yang tak terbatas. ALLAH yang tak terbatas tidak mungkin diselami oleh akal budi manusia yang terbatas. Di sinilah dibutuhkan kelapangan hati untuk berserah pada karya dan kuasa ALLAH yang tidak kita mengerti. Tiap hari mesti “percaya” pada ALLAH.

Dalam kehidupan ini kerap kali kita menemukan hal-hal yang tak mungkin diselesaikan. Ada banyak hal yang tak mampu dimengerti manusia. Dalam situasi seperti itu sudah selayaknya bila kita menyerahkan hal itu pada kasih dan kuasa ALLAH. Manakala kita tidak dapat mengerti dengan akal budi, maka dengan segenap hati percayalah akan kasih-Nya. Biarlah kehendak TUHAN yang jadi.

Apakah Saudara sedang bergumul dengan persoalan-persolan yang rumit? Bukalah hati untuk menyelami kehendak dan kuasa TUHAN yang tidak kita mengerti. Apabila Saudara yakin bahwa ALLAH adalah Pencipta dan Penguasa dunia ini,maka sekalipun ada banyak hal yang tidak kita mengerti, tak perlu resah dan bimbang sebab segalanya ada dalam karya ALLAH. Jalani hidup ini dengan iman, maka di tengah kebimbangan selalu ada kekuatan; di tengah ketidak mengertian ada hikmat TUHAN yang dinyatakan.

Melangkahlah dengan iman dan hati yang lapang
agar mampu menjalani perjalanan kehidupan yang menggoncangkan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*