suplemenGKI.com

HATI YANG TAAT

20/02/2010

Minggu ini kita mulai memasuki masa Pra Paskah, yang oleh gereja Katolik telah diawali dengan Rabu Abu, dan menjalankan puasa. Namun secara khusus bagi GKI Residen Sudirman, kita mengawalinya dengan dua hal, yaitu Hati dan Taat sebagaimana tercermin dari sub tema: hati yang taat.
Jika pada masa Adventus kita melakukan perenungan untuk menyambut kehadiran ALLAH dalam dunia, dan sekaligus menyambut kehadiran TUHAN YESUS sebagai Raja, maka pada masa Pra Paskah ini kita sesungguhnya merenungkan perjalanan kita bersama ALLAH yang hadir di tengah dunia. Firman yang telah menjadi manusia.
Perjalanan bersama Sang Firman, adalah sebuah perjalanan misi (pengutusan) yang didasarkan pada sebuah hati yang taat. Perjalanan yang diwarnai dengan kepedulian (Firman yang menyapa) terhadap penderitaan dunia. Sebuah perjalanan kasih dan pelayanan.
Injil Lukas pasal 4:1-13 menceritakan tentang awal perjalanan misi TUHAN YESUS. Sebuah awal perjalanan yang diperhadapkan dengan sebuah pencobaan. Pencobaan-pencobaan yang digambarkan di sini menyangkut hal-hal yang penting dalam pandangan manusia secara duniawi, yaitu: makanan (kebutuhan fisik), kekuasaan dan kemuliaan (kebutuhan psikis), serta kedudukan dan jabatan (kebutuhan sosial). Perhatikan bahwa dalam Injil Matius, ada perbedaan urutan.
Terhadap hal-hal yang penting dalam pandangan manusia secara duniawi tersebut, TUHAN YESUS telah menunjukkan sikap dan tindakan yang tegas, yaitu: berpegang pada Firman TUHAN. Atau lebih tepatnya berpegang pada pemahaman Firman TUHAN secara benar. Sebab ada kata-kata Iblis yang juga berkedok kebenaran atau mengutip Firman secara tidak utuh.
Maka tepatlah tema kita, hati yang taat. Sebab bukan ketaatan yang membabi buta, atau ketaatan yang dengan kepentingan, tetapi ketaatan yang bersumber dari hati yang dikuasai Roh Kudus sebagaimana di awal cerita ini dikatakan, TUHAN YESUS penuh dengan Roh Kudus.
Selamat memasuki minggu Pra Paskah 1,  Firman TUHAN dan Roh Kudus menuntun perjalanan kita. Mari kita mengawali segalanya dari hati, dan ditunjukkan dalam ketaatan yang benar.                                         (secuwhyl

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*