suplemenGKI.com

Memahami mengapa Tuhan Yesus harus ditinggikan di kayu salib membawa kita kepada peristiwa bangsa Israel seperti yang dikisahkan pada Bilangan 21 : 4-9. Saat itu Bangsa Israel sedang di padang gurun untuk proses pemurnian iman mereka selama 40 tahun lamanya sebelum menerima penggenapan janji Allah akan kota yang berlimpah susu dan madu. Sepanjang kembara tersebut Tuhan senantiasa mencukupkan dengan makanan manna yang turun dari langit bahkan disediakan Tiang Awan di siang hari dan Tiang Api di malam hari yang menuntun mereka serta merepresentasikan kehadiran Allah yang menyertai, melindungi dan menyediakan kebutuhan hidup bagi bangsa Israel selama di padang gurun.

Berbanding terbalik dengan penyertaan dan perlindugan Tuhan yang senantiasa dinyatakanNya, bangsa Israel yang tegar tengkuk menyambutnya dengan senantiasa berkeluh kesah dan memberontak dan melawan Tuhan. Hingga Tuhanpun mengirim ular yang memagut bangsa Israel. Pertobatan yang kemudian dinyatakan oleh bangsa Israel disambut Tuhan dengan memerintahkan Musa untuk membuat ular tedung dari tembaga dan diletakkan di tempat tinggi sehingga setiap orang yang dipagut ular kemudian memandang ular di tempat tinggi itu, ia akan selamat dan sembuh.

Begitu pula umat manusia yang hatinya mau berbalik kepada Tuhan, dan memandang Tuhan yang ditinggikan dikayu salib itu, ia akan diselamatkan. Melalui masa-masa Pra Paskah ini kita diajak kembali untuk mengingat dan menyadari bahwa setiap dosa dan pelanggaran yang kita lakukan membuat kita mati secara rohani, jauh dari Tuhan dan menerima murka Tuhan. Namun apabila kita mau berbalik dan memandang kapada kemuliaan salibNya dimana Tuhan ditinggikan diatasnya, maka segala yang baik dan telah dipersiapkanNya akan menjadi bagian kita dan kita akan hidup didalamnya. Dan setiap orang yang percaya kepadaNya tidak akan binasa melainkan akan beroleh hidup yang kekal.

Tuhan Yesus yang ditinggikan di kayu salib adalah pintu bagi keselamatan manusia.

–ANP–

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*