suplemenGKI.com

(Yohanes 2:13-22)

Jawab Yesus kepada mereka : “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali” (Yohanes 2: 19).

Bait Allah pada saat itu dibangun secara fisik selama 46 tahun. Jelas bahwa perkataan Yesus pada ayat 19 bukan diartikan secara hurufiah tetapi secara simbolis. Yesus ingin menjelaskan bahwa Bait Allah secara rohani itu dibangun dan didirikan dalam 3 hari. Ada apa dalam 3 hari itu?

1. Ada Penderitaan Yesus. Yesus disiksa, dicambuk, diejek,dihina, dimahkotai duri. Yesus harus memikul salib ke Golgota bahkan dipaku dan disalibkan.
2. Ada Kematian Yesus. Yesus bukan saja mengalami kematian secara fisik sebagai manusia tetapi juga mengalami penderitaan/ kematian secara rohani yaitu pada saat Allah Bapa meninggalkanNya. Ini adalah saat yang paling menyakitkan bagi Yesus saat berseru Eloi, Eloi, Lama Sabakhtani. Semata-mata demi manusia yang berdosa.
3. Ada Kebangkitan Yesus. Setan yang berkuasa atas maut telah dikalahkan. Yesus menjadi “The author of Salvation”, Sumber Keselamatan.Ini menunjukkan bahwa keselamatan hanya bisa didapatkan melalui Yesus.

Kegenapan ayat 19 baru disadari oleh murid-murid Tuhan Yesus pada saat Yesus bangkit dari antara orang mati, dan dikatakan merekapun kemudian mengerti dan percaya akan Firman yang pernah dikatakan oleh Tuhan Yesus (ayat 22). Lihat, betapa pentingnya memperhatikan Firman Tuhan karena Taurat Tuhan itu sempurna (Mazmur 19:8).

Bagi orang Yahudi, salib dan cara kematian Yesus adalah suatu batu sandungan dan bagi orang bukan Yahudi, salib adalah suatu kebodohan, tetapi bagi mereka yang dipanggil untuk percaya kepada Kristus, penderitaan, kematian dan kebangkitan Yesus adalah kekuatan Allah (1 Kor 1 : 18-25), yang merupakan dasar atau landasan dalam hati manusia untuk menjadi bait Suci Allah dimana Roh Kudus berdiam diri.

Mari bangun Bait Allah sejati di atas landasan Firman Tuhan kepada Kristus yang tersalib. Amin. (AK).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«