suplemenGKI.com

Minggu, 13 Juni 2010; Lukas 8:22-31

Renungan kita hari ini diambil dari perikop yang mengisahkan tentang kuasa Kristus yang luar biasa. TUHAN YESUS memerintahkan para murid untuk bertolak ke seberang danau. Nampaknya tempat yang hendak dituju oleh YESUS beserta rombongan (para murid) itu adalah Gerasa. Dalam perjalanan itu ternyata YESUS tertidur, dan tak berselang lama setelah itu, tiba-tiba danau yang tenang mendadak bergolak hebat karena angin taufan yang dahsyat. Ayat 24 adalah penggambaran ekspresi ketakutan yang luar biasa dari para murid. Ya! Semua murid dalam keadaan panik dan takut. Mereka takut binasa!

Þ    Sikap para murid ini berbeda dengan sikap Yesus yang tetap tidur dengan tenang. Mengapa Yesus tetap tenang dan menikmati istirahat-Nya?

Þ    Hal apa yang sedang TUHAN nyatakan ketika DIA menyatakan kuasaNya atas orang Gerasa yang kerasukan setan itu?

Renungan:

Melihat kepanikan para murid, yang notabene adalah para nelayan handal itu, maka kita segera menangkap pesan bahwa situasi angin ribut yang terjadi saat YESUS sedang tertidur, memang bukanlah situasi yang biasa. Peristiwa alam itu pastilah menakutkan para murid. Namun, mengapa justru dalam situasi seperti itu YESUS malah tertidur pulas (ayat 23)? Sangat mungkin, sebagai manusia biasa YESUS merasakan kelelahan dan Dia butuh istirahat. Tapi hal lain yang harus membuat kita sadar mengapa DIA tetap tenang saat alam bergelora secara menakutkan ialah karena Ia adalah Tuhan atas alam semesta. Tak diragukan lagi bahwa YESUSlah penguasa alam serta isinya sehingga DIA tahu harus berbuat apa ketika alam bergelora tak terkendali. Karena DIA adalah TUHAN atas semesta, itu sebabnya dengan mudah YESUS menenangkan laut itu sekaligus membuktikan kuasaNya pada para murid. Sesaat setelah peristiwa angin ribut itu ditanganinya dengan sempurna, YESUS mengajak para murid pergi ke Gerasa. Dan di Gerasa itulah YESUS menunjukkan bahwa DIA adalah TUHAN yang sanggup menyelamatkan manusia jeratan kuasa iblis.

Jelaslah bagi kita sekarang bahwa KRISTUS adalah satu-satunya penyelamat yang dapat diandalkan manusia. Pada saat kita terguncang oleh hal-hal duniawi, DIA siap menolong dengan kuasaNya yang dahsyat. Pada saat kita terancam maut karena keberadaan dan sifat kita sebagai orang berdosa, DIAlah satu-satunya Juruselamat yang sanggup melepaskan kita dari cengkeraman Iblis.Haleluya!

Karena YESUS adalah Juruselamat bagi hidup kita, marilah kita tidak hanya mengagumi kuasaNya (ayat 25) tapi mari kita segera pergi memberitakan KRISTUS YESUS kepada setiap orang yang belum percaya, seperti dilakukan orang yang sembuh dari kerasukan itu (ayat 39) agar banyak orang menerima TUHAN YESUS sebagai Juruselamat pribadi.

”Kalau kita percaya dan mengimani bahwa YESUS adalah Sang Penyelamat Sejati,

Jangan hanya terkagum-kagum akan kuasaNya,

tetapi segera wartakan dengan berani bahwa DIA adalah:

satu-satunya Juruselamat dunia yang sanggup menghapus dosa manusia”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*