suplemenGKI.com

Minggu, 3 Februari 2013
Lukas 4:22-30

Pengantar
Apakah Saudara suka mengkonsumsi daging sapi? Menjelang akhir tahun 2012 lalu, harga daging sapi mengalami kenaikan.Menurut laporan media massa, harga daging sapi dipasaran berkisar Rp. 90.000 hingga Rp.100.000 per kilogram. Akibatnya makanan-makanan berbahan daging sapi yang dijual di pasaran menjadi begitu mahal. Namun bagi para penggemar daging sapi, mengeluarkan biaya yang besar tidaklah menjadi halangan.

Kita berani mengeluarkan biaya yang besar untuk apa yang kita sukai. Itulah kecenderungan perilaku yang sering kali kita tampilkan. Kita mau berkurban untuk hal yang menyenangkan tetapi sulit berkurban untuk hal yang tidak menyenangkan. Misalnya, beranikah Saudara membayar harga ditolak dan dimusuhi demi menegakkan kebenaran? Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman
Ayat 22 : Bagaimanakah respon orang banyak terhadap keberanian YESUS mengungkapkan identitas diri-Nya?
Ayat 23- 27 : Mengapakah YESUS demikian berani mengajar orang-orang Nazaret walaupun mereka tidak menghargai-Nya? Apakah isi pengajaran YESUS kepada mereka?
Ayat 28-29 : Bagaimanakah respon orang-orang Nazaret terhadap pengajaran YESUS?
Ayat 30 : Apakah orang-orang Nazaret berhasil mencelakakan YESUS? Mengapa?

Tidak ada seorang seorang pun di antara kita yang berharap ditolak dan dimusuhi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Semua orang berharap diterima di tengah keluarga, di tengah komunitasnya apalagi di tengah kampung halamannya. Namun manakah yang akan Saudara pilih: diterima masyarakat ataukah keberanian menyatakan suara kebenaran? Di dalam bacaan hari ini, YESUS ditolak oleh masyarakat Nazaret, teman-teman sekampung halamannya, gara gara IA memberitakan tentang kebenaran. Mereka tidak senang mendengarkan kebenaran yang YESUS ungkapkan. Tetapi, YESUS tidak mundur sama sekali. Dengan mengambil dua contoh peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat di jaman nabi Elia dan Elisa, YESUS menyampaikan pesan kebenaran pengajaran-Nya bahwa kabar baik, berita pembebasan dan tahun rahmat tidak diperuntukkan bagi mereka yang menolak dan merendahkan-Nya. Tentu saja pengajaran ini membuat orang banyak semakin marah. Mereka memberikan reaksi keras kepada YESUS. Puncak kemarahan mereka terwujud bukan lagi dalam bentuk penolakan. Kali ini mereka menghalau dan membawa YESUS ke tebing gunung untuk dilemparkan. Namun YESUS lolos, Ia berjalan melewati mereka dan pergi. Di sinilah nampak keteguhan YESUS mempertahankan kebenaran, Dia tidak takut menghadapi resiko apapun.

YESUS mengajarkan kita untuk tetap bersemangat dan berani memberitakan kebenaran sekalipun menghadapi resiko ditolak dan dimusuhi. Itulah harga mahal yang harus kita bayar. Memang tidak mudah memberitakan kebenaran. Mengungkapkan kebenaran ditengah orang-orang yang hidup benar tentu tidak mendatangkan kebaikan apapun, tetapi mengatakan kebenaran ditengah-tengah kehidupan yang tidak benar, akan mendatangkan makna dan kebaikan yang besar, bukan hanya bagi diri kita sendiri tetapi bagi orang lain. Namun sekali lagi bersiaplah untuk menghadapi resikonya: DITOLAK! Sekalipun demikian jangan takut sebab TUHAN selalu berpihak pada pewarta kebenaran.

Refleksi
Duduklah dan heninglah sejenak. Pikirkanlah: ketika berada di tengah tantangan memberitakan kebenaran, manakah yang lebih Saudara cari: “ diterima manusia tapi ditolak TUHAN?” Ataukah: “ditolak manusia tapi diterima TUHAN?” Beranikah Saudara membayar harga mahal dari panggilan memberitakan kebenaran?

Tekadku 
TUHAN, aku akan tetap bersemangat menjadi pewarta kebenaran sekalipun menghadapi resiko ditolak orang lain.

Tindakanku
Sekarang, aku akan membuat daftar kebenaran yang belum berani kuwartakan ( kunyatakan).
Aku akan mulai menyatakan kebenaran itu satu persatu, apa pun resiko yang ku hadapi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«