suplemenGKI.com

Senin, 27 Oktober 2014

DIPILIH & DISERTAI TUHAN

Yosua 3:7

 

Pengantar

Pemilihan Umum telah berlalu. Dalam masa kampanye jelang pemilihan umum, kita melihat bagaimana seorang calon pemimpin berusaha menggalang kekuatan dan mencari dukungan massa pemilih sebanyak-banyaknya. Memang dukungan dan kepercayaan rakyat amatlah penting bagi seorang pemimpin. Apakah rahasia sukses seorang pemimpin yang didukung dan dipercaya banyak orang? Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Mengapa TUHAN membesarkan nama Yosua di mata seluruh orang Israel?
  • Mengapa orang-orang Israel perlu diyakinkan bahwa penyertaan TUHAN atas Yosua sama dengan penyertaan TUHAN atas Musa?
  • Apakah arti penting penyertaan TUHAN bagi seorang pemimpin?

 

Sepeninggal Musa,  bangsa Israel dipimpin oleh Yosua. Namun di awal kepemimpinannya, Yosua belum dipercaya oleh bangsa Israel. Tampaknya bangsa Israel masih berada dalam kenangan akan kepemimpinan Musa yang telah dipakai TUHAN secara luar biasa.  Oleh karena itulah TUHAN menyatakan kuasa-Nya untuk membesarkan nama Yosua. Kuasa TUHAN  membuat bangsa Israel menaruh kepercayaan dan dukungan pada kepemimpinan Yosua. TUHAN memilih dan menyertai Yosua. Pernyataan TUHAN kepada Yosua dalam ayat 7 ini merupakan pengesahan terhadap kepemimpinan Yosua sekaligus sebagai pemenuhan janji-Nya sebagaimana dinyatakan dalam Yosua 1:5: “……sama seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

 

Jadi keberhasilan kepemimpinan Yosua ditentukan oleh tindakan TUHAN yang memilih dan menyertainya. Kuasa ALLAH bekerja melalui Yosua.  Yosua tidak membesarkan dirinya namun TUHAN membuat namanya besar di mata orang Israel.  Pengalaman Yosua ini mengingatkan kita semua bahwa setiap orang yang dipilih TUHAN untuk menjadi pemimpin dan pelayan-Nya  akan selalu disertai dan dinaungi kuasa TUHAN. Para pemimpin dan pelayan pilihan TUHAN tidak pernah berjuang sendiri. Dipilih TUHAN = disertai TUHAN. Sebelum banyak orang mendukung dan mempercayai kita, TUHAN terlebih dulu melakukannya.  Anda mau dipilih TUHAN? Siapa takut?

 

Refleksi

Renungkanlah kiprah karya dan pelayanan Anda di mana pun! Apakah  Anda mengalami kuasa dan penyertaan TUHAN di sepanjang perjalanan karya kehidupan dan pelayanan?

 

Tekadku

Ya TUHAN mampukanlah aku untuk selalu siap Engkau pilih menjadi alat-Mu.

 

Tindakanku

Mulai hari ini aku akan lebih bersemangat dan berani memikul tanggungjawab pelayanan yang besar sebab aku yakin TUHAN bekerja dalamku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*