suplemenGKI.com

I Samuel 16:1-13 dan Yohanes 9:1-23, 37-41
Tuhan memilih, memanggil dan menetapkan Daud menggantikan Saul menjadi raja Israel. Ada syarat yang harus diperhatikan Samuel ketika pemanggilanitu berlangsung sebelum ia mengurapinya menjadi raja yaitu; “Janganlah pandang parasnya atau perawakannya yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah. Manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati” (1 Samuel 16:7)
Kesediaan dan ketulusan hati atas panggilan Tuhan menjadi dasar yang sangat penting. Selanjutnya Dia sebagai gembala yang baik akan membimbing, menuntun, menyertai dan memampukan setiap kita melaksanakan tugas panggilan Tuhan tanpa rasa takut dan cemas karena Tuhan senantiasa menyertai.
Ketika Tuhan Yesus melihat orang yang buta sejak lahirnya, Ia berkata; “Selama Aku di dunia, Akulah terang dunia”. Dan terjadilah perubahan besar, mujizat Tuhan terjadi atas diri orang buta . Ia sembuh dari kebutaannya dan dapat melihat. Memahami perubahan besar yang terjadi dalam hidupnya membuatnya rindu untuk bersaksi atas karya Tuhan. Ia menceritakan dengan jelas apa yang sudah dilakukan Yesus pada kedua orang tua, tetangganya dan orang Farisi, dengan berkata; “Orang yang disebut Yesus itu mengaduk tanah, mengoleskannya pada mataku dan berkata kepadaku; Pergilah ke Siloam dan basuhlah dirimu. Lalu aku pergi dan setelah aku membasuh diriku, aku dapat melihat”. Tuhan memanggil dengan tujuan agar pekerjaan Tuhan harus dinyatakan melalui pelayanan kita.
Kesaksian orang buta membawanya kepada kesulitan besar. Ia dibawa kepada orang farisi yang kemudian mempersalahkan tindakan Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta dengan tidak memelihara hari Sabat.
Orang buta itu tidak berhenti bersaksi meskipun ada resiko besar yang dihadapinya. Ia berani bersaksi tentang Yesus dan karya-Nya memelekkan mata orang yang buta sejak lahir.
Mujizat Tuhan telah terjadi dalam kehidupan kita namun adakah keberanian kita untuk melayani dan bersaksi tentang karya Tuhan seperti orang buta yang disembuhkan Yesus?Segala resiko akan kita hadapi yaitu kesulitan dan tantangan yang berat. Jika kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, ada banyak bidang pelayanan yang dapat kita lakukan bagi gereja-Nya dan saat ini Ia memanggil kita menjadi pelayan-Nya dan bersaksi atas karya Tuhan bagi dunia ini. Percayalah! Tuhan beserta kita. Amin. (EsEr)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*