suplemenGKI.com

Matius 2 : 13-23

Ketika orang Majus sedang mencari raja di atas segala Raja yang baru lahir melalui ramalan bintang. Salah satu tempat pencarian mereka adalah Istana Raja Herodes. Orang-orang Majus menjelaskan pencariannya dengan cermat, sedangkan raja Herodes memanggil Imam-Imam untuk member penjelasan tentang raja yang dimaksud. Dari penjelasan para Imam dapat diketahui bahwa Sang Mesias akan dilahirkan di Batlehem. Dalam mencermati penjelasan tersebut raja Herodes menyatakan kebencian dan keganasannya terhadap bagi kecil yang baru lahir tersebut. Herodes takut bahwa anak kecil tersebut akan ikut campur dalam urusan hidupnya, urusan kekuasaannya, kedudukannya dan mungkin juga akan menghancurkannya. Dari kekuatiran tersebut Herodes berencana membunuh Yesus.

Tuhan mengetahui rencana Herodes, maka malaikat Tuhan memerintahkan Yusuf dan Maria untuk mengungsi ke Mesir, sedangkan Herodes yang telah dikuasai amarah memerintahkan membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yang berumur dua tahun ke bawah, dengan anggapan bahwa anak kecil yang diberitakan sebagai Mesias juga akan terbunuh.

Di sini kita dapat menemukan suatu gambaran yang mengerikan tentang usaha manusia untuk membunuh Yesus Kristus sejak kecil, namun Tuhan memerintahkan agar mereka lari ke Mesir yang dikenal seabgai kota penderitaan dan penindasan, kemudian memasuki kota Nazaret yang mendatangkan sesuatu yang baik bagi dunia, bagi perubahan hidup dan bagi keselamatan umat manusia.
Sesungguhnya kita patut bersyukur. Amin.

(Bunga)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*