suplemenGKI.com

Sabtu, 5 Oktober 2013

Lukas 17: 5-6

Pengantar 

Apakah Saudara ingin menjadi orang kuat di dunia ini? Modal apakah yang harus dimiliki agar dapat menjadi orang kuat di dunia ini? Dalam bacaan hari ini TUHAN YESUS membagikan kunci rahasia menjadi orang kuat di dunia. Apakah itu? Mari kita mendalaminya.

Pemahaman 

• Ayat 5 : Mengapa para murid memohon ; “Tambahkanlah iman kami!”
• Ayat 6 : Apakah makna iman sebesar biji sesawi?

Dalam ayat-ayat sebelumnya para murid diajar untuk menjadi pengikut KRISTUS yang peka terhadap dosa dan siap memberi pengampunan. Selain itu, mereka juga ingin memiliki kuasa seperti Sang Guru. Untuk itu mereka membutuhkan iman yang besar. Mereka memohon kepada Sang Guru: “Tambahkanlah iman kami!” Permohonan ini berangkat dari pemahaman bahwa mereka sudah punya iman namun kecil dan karena itu perlu ditambahkan.

Apakah TUHAN YESUS berkenan akan permohonan para murid-Nya ini? Bagi KRISTUS, iman yang kecil saja (walaupun hanya sekecil biji sesawi) memiliki kekuatan yang dahsyat. Biji sesawi merupakan biji terkecil yang dikenal oleh para petani di Palestina (bdk. 13:19). Jadi, sekalipun kecil, iman mampu menghasilkan perkara-perkara besar. Iman adalah kekuatan yang paling besar di dunia. Dengan iman, hal-hal yang tidak mungkin dilakukan manusia menjadi mungkin dilakukan. KRISTUS menekankan vitalitas iman dan bukan jumlahnya.

Pohon ara dapat dijumpai hampir di semua tempat di Palestina. Menanam pohon ini di dalam laut tampaknya fantastis dan mustahi tetapi KRISTUS berusaha untuk menunjukkan kepada murid-murid-Nya bahwa iman tidak mengenal kata mustahil.

Sama seperti kita percaya bahwa bagi ALLAH tidak ada yang mustahil, demikianlah tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.

Refleksi

Apakah Saudara sering kuatir, cemas dan ragu dalam pelbagai perjuangan hidup ini? Sudahkah Saudara berdoa: “ TUHAN, tambahkanlah iman kami?”

Tekadku

TUHAN, bantulah aku untuk mengatasi kesulitan dan tantangan hidup ini dengan iman. Jangan biarkan persoalan hidup menghancurkan imanku kepada-Mu

Tindakanku

Setiap pagi aku akan berkata dengan penuh iman : “ Bersama TUHAN saya pasti bisa menghadapi apa pun!”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*