suplemenGKI.com

Jumat, 1 Juli 2011

Roma 7:15-25

Seusai pelayanan di gereja, saya mengantar seorang Ibu pulang. Kebetulan rumah si Ibu searah dengan pastori. Sambil menyetir, kami ngobrol hingga tibalah di sebuah pertigaan dimana seharusnya saya belok ke kiri untuk menuju rumah si Ibu namun tanpa saya sadari mobil telah berbelok ke kanan. Tangan saya secara otomatis menggerakkan kemudi menuju jalan pulang ke pastori. Kami tersentak. Kami serentak bertanya: “ Lho kenapa kog bisa belok kanan? Bukankah seharusnya belok kiri?” Itulah pengalaman kami saat tidak berkonsentrasi dalam perjalanan. Yang tangan saya lakukan sesungguhnya bukan yang saya kehendaki. Pernahkah Saudara melakukan tindakan di luar kehendak diri saudara?
Pendalaman teks Alkitab

1. Ayat 15-20: Mengapa Paulus melakukan perbuatan yang sebenarnya tidak ia kehendaki dan malahan ia benci? Apakah yang menggerakkan Paulus untuk melakukan apa yang ia benci?
2. Ayat 21-24 : mengapa terjadi pertentangan antara apa yang dikehendaki batin dan apa yang dilakukan tubuh? Mengapa Paulus menyebut dirinya sebagai “ manusia celaka”?
3. Ayat 25: Apa yang disyukuri oleh Paulus?

Renungan

Seorang gadis menangis tersedu-sedu setelah mengetahui dirinya hamil di luar nikah. Ia tahu bahwa sesungguhnya ia tidak mau melakukan hubungan seksual pra-nikah namun tanpa disadari ia melayani nafsu sang kekasih dengan senang hati. Ia baru tersentak ketika semuanya telah terjadi dan ia pun hamil. Sesungguhnya ia tidak ingin melakukannya tapi setiap kali sang kekasih mengajaknya, ia tak bisa menolak. Akhirnya ia menyalahkan dirinya sendiri dan bertanya: “ mengapa aku bisa melakukannya, padahal sebenarnya aku tak mau melakukannya? “

Apakah Saudara memiliki pergumulan serupa? Dalam kehidupan ini manusia seringkali terjebak dalam ketidakberdayaan menghadapi dorongan yang menyeretnya melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan, pengetahuan dan suara hati nurani. Paulus pun harus bergumul menghadapi gejolak pertentangan ”kuasa” dalam diri. Dalam hidupnya seolah ada dua kuasa yang saling bertentangan. Ia tahu apa yang baik dan ingin melakukannya tapi ia tidak melakukannya. Ia tahu apa yang jahat dan ia tak mau melakukannya tapi yang terjadi justru yang jahat yang ia lakukan. Dalam dirinya seolah ada dua kepribadian. Paulus bergumul dalam ketidakberdayaan sebab kemampuannya untuk melihat yang baik tidak dibarengi dengan kemampuannya melakukan apa yang baik sebaliknya kemampuannya untuk mengenali yang jahat justru dibarengi dengan ketidakmampuannya mengendalikan diri untuk melakukan yang jahat itu. Hal ini hendak menunjukkan ketidaksempurnaan pengetahuan manusia. Pengetahuan tidak dengan sendirinya menjadikan manusia baik. Tahu banyak tentang hukum Taurat tidak membawa umat TUHAN hidup melakukannya.

Kesadaran akan ketidakberdayaannya membuat Paulus merasa sebagai manusia celaka. Kemampuannya sangat terbatas. Kekuatan dirinya sangatlah rawan. Antara kemauan dan akal mudi tidaklah selaras. Antara hati nurani dan gejolak keinginan diri tidaklah sesuai. Hal ini terjadi karena kedagingan dan kuasa dosa yang masih membelenggu manusia.

Syukurlah KRISTUS datang untuk memberikan pencerahan dan mengangkat belenggu yang menindih. Lewat bacaan ini Rasul Paulus mau menekankan bahwa hidup tanpa KRISTUS akan terjebak dalam ketidakberdayaan. Sebaliknya hidup bersama KRISTUS akan memampukan setiap orang untuk berfungsi secara maksimal dalam hidupnya dan terus bertumbuh serta berkembang dalam perjalanan iman.

Masihkah Saudara terjebak dalam ketidakberdayaan hidup di bawah kuasa daging ataukah hidup dalam kuasa ROH? Peran dan kehadiran KRISTUS dan ROH-Nya akan semakin memampukan orang percaya bersikap konsisten dan memiliki ketetapan hati untuk hidup dalam ketaatan; bukan sekedar tahu Firman TUHAN tapi melakukan Firman TUHAN. Terus mendekatlah pada TUHAN dan mintalah bimbingan ROH KUDUS setiap hari agar tidak menjadi orang Kristen yang berkepribadian ganda.

Lakukanlah apa yang engkau ketahui.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«