suplemenGKI.com

Sabtu, 15 Desember 2012

Lukas 3:10-14

Pengantar

Menurut Saudara, bertobat itu hal membereskan hubungan dengan TUHAN ataukah hal membereskan hubungan dengan sesama? TUHAN YESUS mengajarkan kepada kita bahwa relasi kasih kepada TUHAN tak bisa dipisahkan dengan relasi kasih kepada sesama. Jadi buah pertobatan mesti konkret dapat dirasakan oleh sesama.

Pemahaman

Dalam ayat 10-14:
• Buah pertobatan apa sajakah yang dijadikan contoh di sini?
• Mengapa orang-orang yang bertobat tidak mau memikirkan sendiri buah pertobatan yang akan dihasilkan melainkan datang kepada Yohanes dan meminta petunjuk?

Hidup beragama seringkali dipahami sebatas hubungan vertikal dengan TUHAN. Oleh karena itu ada saja orang yang rajin beribadah di rumah ibadah namun karakter dan perilakunya menyusahkan dan merugikan hidup orang lain. Dalam bacaan hari ini kita mendapatkan penjelasan bahwa hidup bertobat adalah memulihkan relasi manusia dengan TUHAN sekaligus dengan sesamanya. Bertobat itu bukan sekedar mengucapkan dalam doa bahwa saya berjanji atau berkomitmen untuk berhenti berbuat dosa tapi juga sebuah tindakan nyata yang memulihkan hubungan dengan sesama. Bukti pertobatan adalah tindakan nyata yang berdampak baik pada orang lain. Oleh karena itulah orang yang egois menikmati berkat untuk kebahagiaannya sendiri sekarang mesti berbagi berkat TUHAN untuk kebahagiaan orang lain. Kesediaan untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain menjadi tolok ukur keseriusan pertobatan. Demikian pula kesediaan untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab dan dengan hati nurani yang bersih adalah bagian dari bukti pertobatan.

Refleksi:
Ambillah waktu hening sejenak:
• Peganglah bibir dan mulut Anda! Ingatlah apakah Anda suka mengucapkan perkataan yang menyakiti hati seseorang? Siapakah orang itu dan apa yang akan Anda lakukan untuk menunjukkan buah pertobatan Anda?
• Lihat dan peganglah tangan Anda! Ingatlah: apakah ada orang yang pernah menerima perlakuan kasar dari tangan Anda? Siapakah orang itu dan apa yang akan Anda lakukan untuk menunjukkan buah pertobatan Anda?
• Peganglah kepala Anda! Ingatlah : apakah ada pemikiran jahat Anda yang merugikan orang lain? Siapakah orang itu dan apa yang akan Anda lakukan untuk menunjukkan buah pertobatan Anda?
• Lanjutkan refleksi yang sama dengan organ tubuh yang lain untuk meneliti kemungkinan dosa yang terselip dan Anda ingin bertobat serta menghasilkan buah pertobatan yang nyata!

Tekadku:

TUHAN YESUS, jadikanlah aku pengikut-Mu yang mampu hidup lebih baik dari hari ke hari. Tolonglah dan berikanlah aku keberanian untuk membereskan hubunganku dengan anggota keluargaku, teman-temanku dan orang-orang yang pernah kusakiti atau kurugikan.

Tindakanku:

• Hari ini aku mau meminta maaf pada teman atau anggota keluarga yang pernah kusakiti atau kurugikan.
• Hari ini aku mau berbagi berkat pada anak jalanan yang selama ini kuabaikan.
• Hari ini aku mau lebih bemurah hati pada pembantu atau karyawan yang selama ini kuabaikan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*