suplemenGKI.com

Yohanes 17:20-26

Pada bagian ini menceritakan isi doa Tuhan Yesus untuk murid-muridNya. Ada beberapa hal yang menarik perhatian dalam doa Tuhan Yesus ini: Pertama, Yesus berdoa supaya murid-muridNya tetap memberitakan Injil dan menghasilkan buah dari pemberitaan Injil tersebut (ay 20). Yesus mengingatkan murid-muridNya bahwa memberitakan kabar keselamatan bagi yang belum pernah mendengar itu sangat penting. Kedua, Yesus berdoa supaya murid-muridNya baik yang ada sekarang atau yang akan datang, tetap memiliki kesatuan dalam tubuh Kristus (ay 21-23). Yesus mengharapkan sekalipun murid-muridNya bertambah banyak dan beragam tetap bersatu di dalam Kristus. Kesatuan yang diharapkan Tuhan Yesus adalah kesatuan yang mampu membawa kesaksian kepada dunia (orang-orang di luar murid-muridNya) bahwa Allah mengasihi dunia ini sehingga mengutus Putra tunggalNya. Dengan kesaksian yang demikian maka diharapkan dunia ini mau percaya bahwa Tuhan Yesus sebagai jalan keselamatan dan akan memperoleh kehidupan yang baru. Ketiga, Yesus berdoa supaya murid-muridNya memiliki hubungan yang dekat denganNya (ay 24). Inilah kerinduan yang mendalam dari Tuhan Yesus supaya dimana Dia berada disitu pula murid-muridNya berada bersama-sama dengan Dia.

Keempat, Yesus berdoa supaya murid-muridNya dalam menjalani kehidupan ini memandang kemulian Tuhan Yesus (ay 24). Dalam kehidupan di dunia ini pasti ada tantangan dan bahkan godaan yang mungkin dapat juga menjatuhan iman kita. Oleh sebab itu Yesus berdoa supaya kita tetap memandang kepada kemulianNya dan tidak berpaling kepada dunia. Kelima, Yesus berdoa supaya murid-muridNYa mempratekkan hidup dalam kasih (ay 26). Yesus merasakan kasih yang luar biasa dari BapaNya, oleh sebab itu Yesus  berharap kasih itu juga tumbuh di dalam diri murid-muridnya, sama seperti kasih Bapa yang hidup dalam diriNya.

Inilah kerinduan yang besar dari doa Tuhan Yesus untuk murid-muridNya, termasuk untuk kita semua. Sejauh manakah kita sudah menghidupi doa dari Tuhan Yesus? Kalau anda sudah mempraktekkan semuanya bersyukurlah. Kalau belum, mari kita mencoba untuk mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat menghidupi doa Tuhan Yesus                            (Dj)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«