suplemenGKI.com

Rabu, 10 Agustus 2011

Mazmur 67

Seorang anak kecil yang bernama Lala sangat menyayangi satu boneka oleh-oleh ayahnya dari luar negeri. Sekalipun dia memiliki banyak boneka yang lain, hanya boneka ini yang dibawanya kemana-mana. Dan pada suatu hari ketika ia sedang bermain bersama bonekanya di halaman rumah, datanglah seorang pengemis bersama seorang anaknya yang masih kecil. Si anak pengemis itu menangis ingin memegang boneka tersebut. Lala kasihan melihatnya. Lalu dipinjamkanlah bonekanya sambil bertanya: “Apakah kamu tidak punya boneka seperti ini di rumah?” Jawab anak pengemis: “ aku tidak pernah punya boneka, ibuku tidak punya uang untuk membeli boneka untukku”. Lalu Lala mengambil keputusan memberikan boneka kesayangannya kepada si anak pengemis. Menyaksikan hal itu, ibu Lala bertanya: “ Nak, kenapa engkau berikan boneka ini? Bukankah ini boneka kesayanganmu? Berikan saja boneka lain yang disimpan di gudang.” Jawab Lala: “ Ibu, aku sudah lama menikmati boneka ini, sekalipun boneka ini tetap menjadi kesayanganku tapi aku mau memberikan kepada temanku ini sebab aku ingin dia senang seperti aku senang bersama boneka ini. “ Sungguh mulia hati Lala. Dia tidak hanya menikmati berkat untuk dirinya sendiri tapi meluaskan berkat untuk dinikmati orang lain.
Pendalaman Teks Alkitab 

TUHAN tidak hanya memberikan berkat kepada umat pilihan-Nya. TUHAN meluaskan berkat yang diterima Israel kepada seluruh umat manusia.

Ayat 2-4 : Berkat apakah yang diberikan TUHAN kepada bangsa-bangsa lain dalam ayat-ayat ini?
Ayat 5-6 : Apakah yang diharapkan disyukuri bangsa-bangsa lain?
Ayat 7-8 : Apakah yang disyukuri Pemazmur dalam ayat ini?

Renungan

Mazmur 67 merupakan nyanyian pujian umat kepada TUHAN yang memerintah sebagai Raja segenap bumi. Pujian yang berakar dalam ibadah Bait Suci di Yerusalem ini memberikan kesadaran bahwa berkat ALLAH yang diberikan kepada Abraham juga dimaksudkan untuk semua bangsa. Berkat itu berupa terang yang bisa menerangi mereka yang berada dalam kegelapan sehingga mereka diselamatkan. Sesungguhnya berkat yang dijanjikan kepada Abraham dan keturunannya sejak semula dimaksudkan untuk semua kaum dimuka bumi.

Dalam bagian ini bangsa-bangsa diajak bersyukur kepada TUHAN seperti umat Israel sendiri karena mereka pun mengalami dan mengakui karya keselamatan yang TUHAN lakukan bagi mereka. Mereka diajak menyatakan syukur dengan sukacita dan sorak sorai. Apa saja yang mereka alami? Mereka merasakan dan mengalami tindakan ALLAH yang memerintah dengan adil dan menghakimi dengan jujur. Mereka merasakan kehadiran ALLAH sebagai hakim yang memulihkan kesejahteraan dengan hukum dan memberi keadilan yang yang tertindas. Ia juga hadir sebagai Raja yang adil dalam memelihara kesejahteraan dan mewujudkan keadilan sosial di bumi, menuntun suku-suku bangsa di bumi di jalan yang baik, memelihara mereka sebagaimana IA menuntun Israel keluar dari Mesir dan menyeberangi padang gurun serta keluar dari Babel. Berkat itu diberikan kepada umat keturunan Abraham dan diperluas kepada umat manusia seluruhnya sehingga seluruh umat manusia mengalami kesejahteraaan.

Kesejahteraan yang digambarkan dapat dilihat dalam hasil panen mereka. Inilah tanda berkat TUHAN yang dinyatakan (ayat 7) kepada mereka. Berkat ini akan membuat bangsa-bangsa lain mengetahui bagaimana TUHAN memelihara dan memberkati umat-Nya sehingga mereka juga mau menghormati DIA, takut dan menundukkan diri kepada-Nya dan mengakui-Nya sebagai TUHAN mereka.

Berbahagialah setiap orang yang dapat merasakan dan mengalami berkat TUHAN dalam hidupnya. Ingatlah berkat yang diberikan TUHAN bukan untuk kita nikmati sendiri tapi untuk diperluas menjadi berkat bagi orang lain. Seluruh bangsa di muka bumi akan menikmati berkat TUHAN apabila setiap orang yang merasa diberkati TUHAN terpanggil menjadi saluran berkat TUHAN. Siapkah Saudara mengalirkan berkat TUHAN?

Belajarlah pada air yang tidak pernah berhenti mengalirkan kesegaran bagi sekitar.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*