suplemenGKI.com

Minggu 14 Nov 2010
Lukas 21: 7-19Berita tentang datangnya hari keruntuhan Bait ALLAH pada gilirannya memancing murid-murid bertanya kepada YESUS: Kapankah hari TUHAN datang dan apa tanda-tandanya?
Ayat 7 : Mengapa para murid menanyakan kapan terjadinya kehancuran Bait
ALLAH?
Ayat 8-17 : Apa tanda-tanda yang YESUS sebutkan untuk mengenali datangnya  akhir dunia?
Ayat 18-19 : Apa janji dan nasihat TUHAN YESUS untuk para murid dalam
menghadapi kesusahan menjelang akhir dunia?

Renungan


TUHAN YESUS sama sekali tidak memberitahukan kapan peristiwa hari akhir itu datang. Ia menyatakan bahwa ketika hari itu datang, maka segala sesuatu di dunia ini akan mengalami kehancuran. YESUS mengingatkan agar para murid tetap waspada menjelang hari itu. Beberapa kejadian akan terjadi sebelum hari itu datang. Inilah tanda-tandanya: kejadian penyesatan, peperangan dan pemberontakan, gempa bumi dahsyat, wabah penyakit dan kelaparan, penganiayaan serta pembunuhan terhadap murid-murid KRISTUS. Yang TUHAN YESUS tekankan sebenarnya bukanlah terjadinya kejadian-kejadian tersebut melainkan bagaimana seharusnya murid-murid mengantisipasi datanganya hari kehancuran itu.

Kejadian-kejadian tersebut memang mengerikan dan menyusahkan tapi TUHAN YESUS memberikan nasihat dan janji. Ia menasihatkan murid-murid-Nya agar dalam kejadian-kejadian yang mengerikan dan menyusahkan itu mereka tetap bersaksi tentang Injil KRISTUS. Menjelang datangnya hari itu, para murid KRISTUS tetap harus berlaku aktif dengan hidup sebagai saksi-saksi KRISTUS.

TUHAN YESUS pun menyampaikan janji penghiburan bahwa IA akan memperlengkapi para murid yang bersaksi demi Injil KRISTUS. Ditegaskan bahwa para murid harus sungguh menetapkan hati dalam mewartakan Injil ( 21:14). YESUS sendiri sebenarnya akan memberikan hikmat, tepatnya “ kata-kata hikmat” kepada murid-murid-Nya sehingga pewartaan Injil dapat dilangsungkan secara tangguh. Selain itu YESUS menegaskan janji keselamatan kepada mereka yang bersaksi demi Injil KRISTUS. Ungkapan “ tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang” menunjukkan janji itu. Bagi murid-murid KRISTUS, yang paling penting dalam menjalani hari-hari menjelang kesudahan segala sesuatu di dunia ini ialah sikap tetap bertahan karena dengan itu mereka memperoleh hidup.

Berita tentang kesusahan menjelang akhir dunia ini memberikan dorongan kepada para murid KRISTUS untuk berjuang dalam karya dan iman. Datangnya penderitaan tidak boleh disikapi dengan kemalasan dan hidup yang pasif. Apapun kesulitannya, aktif berjuang dalam kesaksian dan pelayanan perlu terus dikembangkan. Inilah sikap iman yang tepat di tengah berbagai penderitaan yang akan datang.

Selamat berjuang dalam iman, pengharapan dan pelayanan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*