suplemenGKI.com

 

Sabtu, 11 Januari 2014

Kisah Para Rasul 10:37-43

PENGANTAR

Siapakah yang tidak mengenal Yesus? Yesus adalah seutuhnya Allah dan seutuhnya manusia (hypostatic union). Melalui Yesus kita dapat betul-betul menyaksikan Allah yang bukan hanya memerintah di atas tahta-Nya, melainkan Allah yang turut menderita bersama-sama dengan orang-orang sakit, orang-orang yang dikucilkan dari masyarakat, orang-orang yang dibuang dan dihina. Dia-lah Allah sejati yang mau merasakan dan mengalami juga apa yang kita rasakan dan kita alami. 

PEMAHAMAN

Ayat 37: Siapakah yang diberitakan di seluruh tanah Yudea? Siapakah yang diberitakan oleh Yohanes Pembaptis dalam pemberitaannya di sungai Yordan (bdk. Mat. 3:3)?

Ayat 38: Bagaimana Allah mengurapi Hamba yang dipilih-Nya dan apa yang dikerjakan oleh Hamba yang telah dipilih oleh Allah?

Ayat 39-41: Apa yang diterima oleh hamba yang telah dipilih oleh Allah? Peristiwa-peristiwa apa yang disaksikan oleh para saksi yang hidup bersama-sama dengan-Nya?

Ayat 42-43: Apa tugas selanjutnya yang disampaikan oleh Allah kepada para nabi atau orang-orang yang bersaksi tentang Dia? Dan apa yang orang-orang percaya dapatkan?

Ayat-ayat ini merupakan pemberitaan Petrus kepada Kornelius mengenai Yesus yang merupakan Hamba Allah yang telah diurapi dengan Roh Kudus. Dia bukan hanya diurapi, tetapi juga berkarya dalam kehidupan-Nya, yaitu mengajar, menyembuhkan orang sakit, menolong orang yang dikucilkan (pemungut cukai, orang kusta, dll), bahkan Ia pun tetap setia menjadi Hamba walau menderita dan disiksa. Hingga akhirnya Ia dibangkitkan oleh Allah dan memberi pesan kepada murid-murid-Nya atau saksi-Nya untuk memberitakan dan bersaksi ke seluruh dunia tentang Dia, Allah yang menyelamatkan manusia dan Allah yang menjadi Hakim untuk orang yang hidup dan yang mati (ay. 42).

REFLEKSI

Sudahkah aku menjadi saksi-Nya dalam hidupku?

TEKADKU

Ya Kristus, Tuhan dan Rajaku, aku bertekad memberitakan tentang Engkau serta meneladani sikap dan semangat-Mu. Mampukanlah aku untuk terus belajar berkarya menjadi saksi-Mu dengan  menjadi berkat bagi orang lain.

TINDAKANKU      

Mulai hari ini aku akan berkata-kata yang baik, berlaku yang baik, berpikir yang baik untuk  memberitakan Kristus dalam hidupku.


Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*