suplemenGKI.com

Minggu, 14 Agustus 2011

Matius 15:21-28

Dalam hidup sehari-hari ada banyak batas yang membuat langkah kita terhenti. Akan tetapi kehadiran kuasa TUHAN tidak pernah dapat dibatasi oleh apa pun dan siapa pun. Ada kalimat bijak yang mengatakan “Jika ada kemauan, disitu ada jalan.” maka dalam perikop ini kita melihat; “Jika ada iman, di situ ada belas kasihan dan kuasa TUHAN. “

Pendalaman Teks Alkitab

Ayat 21-22 : Apakah yang diinginkan perempuan Kanaan dalam ayat ini? Ayat 23-24 : Bagaimanakah tanggapan awal Tuhan Yesus dan para murid terhadap jeritan perempuan Kanaan ini? Ayat 24-28 : Mencermati dialog Tuhan Yesus dengan perempuan Kanaan dalam bagian ini, apakah  pelajaran yang dapat Saudara petik?

Renungan

Perikop ini menyaksikan kisah pelayanan Tuhan Yesus di luar wilayah Yahudi. Kehadiran Tuhan Yesus di Tirus dan Sidon telah melewati batas daerah orang-orang Yahudi. Tirus dan Sidon adalah dua kota di pantai laut tengah (bagian dari daerah Galilea). Dengan demikian kisah ini menampilkan bayang-bayang pemberitaan Injil ke seluruh dunia.

Di luar wilayah orang Yahudi, ternyata kabar tentang KRISTUS dan kuasa-Nya sudah tersebar. Tampaknya Injil telah hidup dan menyapa orang-orang bukan Yahudi. Di daerah asing ini, Tuhan Yesus berjumpa dengan seorang perempuan dari suku Kanaan yang membutuhkan pelayanan dan pertolongan Tuhan Yesus. Suku Kanaaan adalah musuh bebuyutan orang-orang Yahudi.

Perempuan Kanaan itu memiliki anak perempuan yang kerasukan setan dan hidup sangat menderita. Sungguh berani perempuan ini. Dengan kegigihan iman ia berjuang untuk mendapatkan belasa kasihan. Ia sungguh rindu membawa kasih dan kuasa Tuhan Yesus bagi anaknya. Kebutuhannya akan pertolongan Tuhan Yesus membuat perempuan ini tak peduli dengan tembok pemisah Yahudi dan Kanaan. Ia sungguh haus akan sentuhan kasih dan kuasa KRISTUS.

Tampaknya para murid tak peka akan kebutuhan perempuan ini. Tuhan Yesus pun tak langsung memenuhi permohonannya sebab Ia ingin melihat kemantapan iman perempuan ini. Hal ini dapat kita lihat dalam dialog yang terjadi. Ternyata perempuan itu memiliki kemantapan iman, hati yang penuh kasih dan tekad yang pantang menyerah. Ia sungguh-sungguh beriman, maka Tuhan Yesus pun menyatakan belas kasihan dengan mengabulkan permohonannya.

Sesungguhnya kasih dan kuasa TUHAN menjadi milik semua orang. Perikop ini dengan jelas menyatakan bahwa belas kasihan KRISTUS diberikan kepada semua orang, termasuk kepada orang Kanaan. Tuhan Yesus sangat menghargai kegigihan iman perempuan Kanaan ini. Di mana ada iman disitu ada belas kasihan dan kuasa TUHAN. Kisah ini menyatakan bahwa belas kasihan dan kuasa TUHAN tidak pernah bisa dibatasi oleh manusia dan tidak boleh menjadi milik kelompok atau komunitas tertentu.

Saat ini banyak orang di tengah masyarakat yang membutuhkan belas kasihan dan kuasa TUHAN. Mungkin mereka tidak seiman, tidak sesuku, tidak segolongan dengan kita bahkan mungkin mereka adalah orang-orang yang memusuhi kita. Mereka memiliki beban hidup dan persoalan-persoalan rumit yang sulit dihadapi. Adakah belas kasihan TUHAN yang dinyatakan untuk mereka?

Marilah kita melangkah keluar dari batas wilayah kita: keluar dari dalam tembok-tembok gereja, keluar dari tembok-tempok rumah keluarga, keluar dari tembok-tembok suku bangsa, agar kita dapat menghadirkan belaskasihan dan kuasa TUHAN bagi mereka.

Bagaimana cara menghadirkan belas kasihan TUHAN bagi mereka? Marilah kita berjumpa dan bergaul dengan orang-orang lain di luar batas kita, agar dapat melayani mereka sesuai kebutuhannya. Jangan hanya sibuk berkegiatan di dalam gedung gereja atau di dalam rumah sendiri.

Melangkahkah dan lihatlah dunia luar! Jika Saudara telah merasakan belaskasihan dan kuasa TUHAN, maka Saudara akan mampu mengalirkannya pada semua orang, sekalipun berbeda golongan, bahkan berseberangan dengan kita. Inilah Injil, kabar baik bagi dunia ini.

Iman yang dewasa mengarahkan langkah kasih untuk melayani orang lain di luar diri kita

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*