suplemenGKI.com

Sesudah kematian Musa, Allah membesarkan nama Yosua, sehingga melalui peran kepemimpinan Yosua umat Israel tidak berpaling meninggalkan Allah. Yosua memimpin umat Israel dalam ketaatan kepada kehendak Allah. Yosua tidak berupaya membesarkan dirinya, namun ia membuka ruang agar Allah bertindak dan menyatakan kehendakNya. Kebesaran dan keberhasilan Yosua sebagai pemimpin merupakan media untuk menyatakan kehadiran Allah di tengah-tengah kehidupan umat Israel waktu itu (Yosua 3:7-17).

Penyertaan Allah terhadap kepemimpinan Yosua ditunjukkan melalui karya mujizatNya saat umat Israel harus menyeberangi sungai Yordan. Sungai Yordan terbelah airnya saat Tabut Perjanjian melewatinya, sama seperti kisah yang dialami oleh umat Israel pada saat mereka dipimpin oleh Musa, diselamatkan Allah dengan terbelahnya laut Teberau. Di saat-saat kritis, Allah mendengar dan peduli akan umat Israel sehingga mereka diluputkan dari bahaya. Pengalaman iman inilah yang menjadi dasar mengapa umat Israel bersyukur memuji Allah, karena Ia baik dan untuk selama-lamanya kasih setiaNya (Mazmur 107:1).

Pernyataan iman bahwa Allah itu baik dan penuh kasih setia akan sia-sia manakala mereka bertindak sewenang-wenang, kejam dan tidak adil kepada bangsa-bangsa disekitarnya. Allah memberi keleluasan hidup menikmati berkat Allah, mereka juga dipanggil memberi keleluasan hidup bagi sesamanya. Bagi Allah, pengajaran yang benar dan berkenan dihadapanNya adalah apabila kehidupan seseorang dilandasi oleh spiritualitas kerendahan hati. Dalam Matius 23:11, Tuhan Yesus berkata “Barangsiapa yang terbesar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu”.

Jadi kita sebagai umat pilihan Allah, hendaklah menyadari bahwa hanya Allah saja yang menjadi sumber kebenaran, dengan hidup dilandasi sikap yang rendah hati. Kita bersedia melayani sesama sebagai pelayan karena Allah menganugerahkan tugas untuk menjadi mata, tangan, kaki, dan mulut bagi Allah. Tuhan Yesus memberkati. (m/a)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»