suplemenGKI.com

Yesaya 43:1-7

Memulai sesuatu yang baru tidaklah mudah. Ketidakpastian masa depan dan bayang-bayang kegagalan di masa lalu membuat kita ragu-ragu mengambil peluang yang disediakan bagi kita. Situasi yang sama juga dihadapi oleh umat Tuhan yang mendengarkan nubuat nabi Yesaya.  Pada waktu itu, Raja Koresy memberikan kesempatan kepada orang-orang buangan di Babel untuk kembali ke negeri asal mereka. Namun, cukup banyak orang-orang Israel menyambut kesempatan ini dengan dingin.  Apalagi, sebagian dari mereka sudah berhasil memperoleh kehidupan yang layak di Babel.  Bagi mereka, kembali ke Yerusalem berarti memulai segala sesuatunya dari awal lagi.  Mereka takut kalau mereka akan mengulangi kegagalan nenek moyang mereka di masa lalu (lihat Yes 42:18-25).

Melalui nabi Yesaya, Tuhan terus-menerus membangkitkan kembali iman mereka agar tidak takut menjalani masa depan mereka.  Tuhan menyampaikan dua hal penting untuk menghapuskan ketakutan mereka.

Pertama, mereka tidak perlu takut karena Tuhan telah menebus mereka (ay.1-4).  Kata “menebus” adalah istilah yang berarti “membayar sejumlah uang tertentu untuk membebaskan seseorang dari perbudakan.” Istilah ini tentu saja mengingatkan mereka kepada pengalaman nenek moyang mereka di Mesir.  Sebagaimana Tuhan telah membebaskan mereka dari Mesir, Tuhan juga akan membebaskan mereka dari Babel dan menjadikan mereka umat Tuhan yang merdeka.  Penebusan itu adalah bukti nyata bahwa mereka berharga di mata Tuhan dan bahwa Tuhan mengasihi mereka.

Kedua, mereka tidak perlu takut karena Tuhan menyertai mereka (ay. 5-7).  Menjadi umat Tuhan bukan berarti bebas dari semua masalah.  Ketika mereka kembali ke Yerusalem, tentu mereka juga akan menghadapi berbagai masalah.  Namun, sebesar apa pun masalah yang mereka hadapi, Tuhan senantiasa menyertai mereka.  Bahkan, Tuhan akan menggunakan apa saja dan siapa saja yang ada di sekitar mereka untuk menolong mereka.  Masalah-masalah yang mereka hadapi justru membuktikan bahwa selama ini Tuhan menyertai mereka.

Bagaimana dengan Anda?  Apakah tahun 2010 adalah kesempatan untuk memulai sesuatu yang baru, atau justru hari-hari yang menakutkan?  Memang, tak seorang pun dari kita yang tidak pernah gagal di masa lalu.  Juga, tak seorang pun dari kita yang dapat memastikan apa yang ada di depan kita.  Namun, ingatlah bahwa Tuhan sudah menebus Anda.  Anda adalah umat-Nya yang berharga di mata-Nya.  Ingatlah juga bahwa Tuhan senantiasa menyertai Anda.  Mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda harapkan akan terjadi dan harus Anda menjalaninya, tetapi banyak hal pula yang dapat Tuhan pakai untuk menolong Anda dan mendatangkan berkat bagi Anda.  Jangan takut, Tuhan mengasihi Anda dan menyertai Anda.

( TW )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*