suplemenGKI.com

Jumat, 5 Juni 2009
Aku DILAHIRKAN KEMBALI
Yohanes 3:1-6

Dalam bacaan hari ini, YESUS sedang bercakap-cakap dengan salah seorang tokoh pemimpin agama Yahudi yang bernama Nikodemus. Nikodemus adalah seorang Farisi yang memiliki status kehormatan dalam masyarakat.

Ayat 1- 2 : Menurut Saudara, apakah yang membuat Nikodemus datang dan
bercakap-cakap dengan YESUS?
Ayat 3 : Mengapa YESUS menanggapi pernyataan Nikodemus dalam ayat 2
dengan membicarakan tentang kelahiran kembali?
Ayat 4- 6 : Apakah artinya “dilahirkan dari air dan roh”?

Renungan
Nikodemus terpesona pada tanda-tanda serta keajaiban yang dilakukan YESUS. Menanggapi hal ini, YESUS menjelaskan bahwa yang menjadi pokok sebenarnya bukanlah soal tanda-tanda dan keajaiban itu, tapi sebuah perubahan hidup batiniah seseorang sehingga perubahan itu bisa disebut sebagai kelahiran yang baru ( kelahiran kembali ). Seluruh proses perubahan itu bukan karena kemampuan mausia, sebab perubahan itu terjadi karea anugerah dan kuasa ALLAH. Kelahiran kembali berhubungan erat dengan Kerajaan Sorga. Kerajaan Sorga adalah suatu masyarakat dimana kehendak ALLAH berlaku secara sempurna baik di bumi seperti di Sorga. Berada dalam Kerajaan Sorga berarti menghayati kehidupan di mana kita dengan sepenuh hati menyerahkan segala sesuatu kepada kehendak ALLAH; dan secara sepenuhnya menerima kehendak ALLAH. Kita dapat taat sepenuhnya pada kehendak ALLAH hanya jika anugerah ALLAH datang kepada kita, menjadikan kita milikNya dan mengubah kita.
Melalui YESUS kita dilahirkan kembali. Perubahan di dalam hidup kita terjadi ketika Ia masuk ke dalam kita dan menjadikan hati serta hidup kita milik-Nya sendiri. Kalau hal itu terjadi maka kita dilahirkan dari air dan Roh. Air adalah simbol pembersihan. Roh adalah simbol kuasa. Ketika hidup kita dibersihkan KRISTUS maka kedalam hidup kita masuk kekuatan baru yang mengubah kita dan membuat kita bisa bisa melakukan hal-hal yang tdainya tidak bisa kita lakukan. Air dan Roh menunjuk pada kuasa KRISTUS yang membersihkan dan memberikan kekuatan.
Jadi dilahirkan kembali adalah diubah sedemikian rupa sehingga keadaan yang baru itu hanya bisa dilukiskan sebagai keadaan lahir kedua kali atau diciptakan kedua kali. Perubahan itu terjadi kalau kita mengasihi YESUS dan membuka diri kita bagi-Nya untuk masuk ke dalam hati kita. Dengan begitu kita benar-benar dapat menerima kehendak ALLAH. Lalu kita menjadi warga Kerajaan Sorga; menjadi anak-anak ALLAH, masuk ke dalam kehidupan kekal, yaitu kehidupan ALLAH sendiri.
Jadi sekarang, apakah Saudara sudah dilahirkan kembali?
Akhiri perenungan hari ini dengan menyanyi PKJ 200
Kudiubah-Nya saat ‘ku berserah, berserah kepada YESUS.
Kudiubah-Nya hingga jadi baru dan menjadi milik-Nya
Kegemaran lama tlah lenyap dan yang baru lebih berkenan.
Kudiubah-Nya saat kuberserah dan menjadi milik-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*