suplemenGKI.com

Rabu,12 Agustus 2015

11/08/2015

HIDUP SECARA ARIF DAN AKTIF

Efesus 5:15-21

 

 

Pengantar
Di dunia yang penuh bermacam arus kehidupan ini, seharusnya membuat kita makin cermat dalam menjalani Hidup. Jika kita terbawa arus hidup yang jahat, maka kita akan rusak dan binasa. Tapi jika kita berada dalam arus hidup yang baik, yaitu dalam pimpinan Roh secara penuh maka kita akan memiliki kehidupan yang indah dan sejati. Maka melalui bacaan kita pada hari ini, kita diberi peringatan, harapan, dan ajakan agar dapat menjadi seorang yang arif sekaligus aktif dalam menjalani kehidupan di dunia sebagaimana ditulis dalam surat Efesus 5:15-21 sesuai kehendak TUHAN.

Pemahaman

Ayat  15-20          :  Apa yang menjadi peringatan bagi kehidupan kita?

Ayat  19-21          :  Apa yang seharusnya menjadi sikap hidup dalam relasi dengan TUHAN dan sesama?

Sebagai seorang beriman, maka umat TUHAN diingatkan untuk memperhatikan hidupnya dengan saksama sebagai seorang yang arif, yang mampu mempergunakan waktu yang ada serta mengerti kehendak TUHAN dengan hidup dalam pimpinan Roh secara penuh. Jangan hidup seperti orang bebal yang mengikuti arus jaman yang jahat karena pengaruh hawa nafsu.

Dalam hidup yang dipimpin oleh Roh maka umat TUHAN diharapkan untuk menyatakan perkataan yang baik sebagaimana dinyatakan dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Umat diajak untuk hidup bernyanyi dan bersorak bagi TUHAN dengan segenap hati serta mengucap syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama TUHAN YESUS Kristus kepada Allah Bapa dan merendahkan diri seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Jadi peringatan, harapan, dan ajakan yang disampaikan dalam bacaan hari ini, mengarahkan hidup kita untuk selalu dapat membangun sikap hidup dan relasi yang baik dengan TUHAN sekaligus dalam sikap hidup dan relasi dengan sesama secara aktif.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan: Bagaimanakah reaksi kita terhadap setiap peringatan yang TUHAN berikan? Dan apakah hal ini membawa kita pada sikap hidup dan relasi yang makin baik (indah) dengan TUHAN dan sesama? Sudahkan kita menjadi orang arif yang aktif.

Tekad
Ya TUHAN, buatlah aku menjadi pribadi yang memiliki sikap hidup dan relasi yang makin baik dengan TUHAN dan sesama.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan berusaha untuk aktif berkata-kata dan bersikap hidup yang makin baik terhadap TUHAN dan sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«