suplemenGKI.com

HIDUP MERENUNG DAN BERSYUKUR

Mazmur 111

 

 

Pengantar
Ucapan terima kasih atau rasa syukur hanyalah sebuah bentuk atau tanda kesopanan hidup jika tanpa disertai sebuah perenungan yang baik akan apa kita alami dan terjalinnya relasi baik dengan pribadi yang melakukan hal baik atau besar dalam hidup kita. Ucapan syukur atau rasa terima kasih yang berlanjut dalam wujud relasi hidup menjadi sesuatu yang bermakna dan menjadi bentuk atau tanda kearifan hidup, bukan sekedar kesopanan atau kepantasan hidup. Maka marilah kita belajar tentang hal mengucap syukur sebagaimana dinyatakan dalam Mazmur 111.

Pemahaman

Ayat  1-4   :  Apa yang membuat Pemazmur menyatakan syukur kepada TUHAN?

Ayat  5-10 :  Apa wujud perbuatan TUHAN bagi umat-NYA?

Pemazmur menyatakan syukur kepada ALLAH karena menyadari dan mengalami perbuatan-perbuatan TUHAN yang besar dalam hidupnya dan jemaat TUHAN. Bahwa perbuatan TUHAN itu layak untuk diselidiki (direnungkan) oleh orang yang menyukainya (mengharapkannya) karena begitu agung dan semarak serta ajaib. Bahwa TUHAN itu penuh keadilan, pengasih dan penyayang.

Wujud dari perbuatan TUHAN adalah rezeki kepada orang-orang yang takut akan DIA sebab TUHAN ingat akan perjanjian dengan umat-NYA. TUHAN memberi harta milik, serta mengokohkan keberadaan umat-NYA. Juga menyatakan karya pembebasan bagi umat-NYA.

Dan di dalam semuanya ini, Pemazmur secara khusus menyampaikan pada ayat ke-10 bahwa hidup dalam takut akan TUHAN, juga mendatangkan hikmat. Orang yang melakukannya berakal budi baik dan membawa puji-pujian bagi nama TUHAN.

Refleksi
Dalam keheningan hati dan pikiran marilah kita bertanya: Sudahkah kita merenungkan segala perbuatan TUHAN dalam hidup kita? Dan Sungguhkah perbuatan-perbuatan TUHAN yang penuh keadilan dan kasih sayang itulah kita harapkan? Lalu apakah perenungan dan pengharapan  itu membuat kita menjadi pribadi yang bersyukur dan hidup dalam takut akan TUHAN?

Tekadku
Ya TUHAN, ajarkanlah kami untuk hidup bersyukur dan takut akan TUHAN serta senantiasa berharap kepada TUHAN yang penuh keadilan dan kasih sayang.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan makin bersyukur kepada TUHAN serta menjadikan perbuatan TUHAN sebagai renungan dan harapan hidup dalam takut akan TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«