suplemenGKI.com

SELASA, 27 AGUSTUS 2013

IBRANI 13:1-6

PENGANTAR

Penulis Ibrani mengingatkan orang-orang percaya yang sedang mengalami kesesakan untuk lebih memaknai hidup persaudaraan di dalam Kristus. Umat Kristen masa itu memandang dan menyapa satu sama lain sebagai saudara karena di dalam Kristus mereka semua adalah anak-anak Allah dan ahli waris bersama dari berkat-berkat Bapa.  Selain daripada itu persaudaraan Kristen merupakan akibat dari relasi bersama dengan Bapa dan Sang Putra.  Bapa mengajarkan anak-anakNya untuk saling mengasihi, terlebih dalam pergumulan yang berat.

 

PEMAHAMAN

Dalam bacaan ini, umat Kristen diingatkan tentang statusnya sebagai orang yang secara “cuma-cuma” mendapatkan pengampunan dosa dan selama masih hidup di dunia ada kemungkinan akan mengalami penderitaan sebagaimana yang dialami oleh orang lain. Oleh karenanya hendaklah umat Tuhan dengan rendah hati menganggap dirinya sejajar dengan orang-orang yang dianggap tidak patut dihargai oleh dunia ini. Sikap rendah hati ini menggerakkan orang Kristen untuk menaruh iba dan bertenggang rasa terhadap orang yang mengalami kesulitan dalam hidup.  Kerendahan hati ini juga memampukan orang untuk menghargai suami/istri dan kudus dalam hidup seksualitasnya.  Cinta akan uang sering membuat orang jatuh dalam dosa seksual, oleh karena itu seharusnya umat Tuhan tidak menjadi hamba uang. Maka Tuhan yang setia akan menyertai, menolong dan melindungi umatNya itu.

 

REFLEKSI

Tuhan menghendaki Saudara memiliki kerendahan hati agar dapat bertenggang rasa dan menolong orang yang dalam kesulitan.  Apakah Saudara adalah orang yang dicari apabila ada anggota keluarga, saudara atau teman yang sedang butuh pertolongan, penghiburan atau sekedar tempat curhat, sebab telah terbukti bahwa Saudara dapat diandalkan?

 

TEKADKU  

Dengan rendah hati aku akan peka terhadap orang-orang yang ada di sekitarku yang dalam kesulitan dan dengan ramah akan menawarkan bantuan kepada mereka.

TINDAKANKU

Mulai saat ini aku akan lebih memperhatikan orang-orang yang perlu bantuan dan bersikap ramah terhadap semua orang agar mereka tidak segan datang kepadaku.

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*