suplemenGKI.com

Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, sebab aku telah menganiaya jemaat Allah.  Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkanNya kepadaku tidak sia-sia.

U   Korintus 15: 9-10a  U

Tidak ada orang yang menjalani hidup dengan mulus sepanjang waktu, meskipun ia telah menata hidupnya sedemikian rupa baik.  Selalu akan ada kemungkinan orang dihadapkan pada kesalahan, entah yang diperbuatnya sendiri atau yang orang lain perbuat kepadanya.  Berbuat salah, melukai dan dilukai, kecewa, dikhianati atau mengkhianati selalu akan mewarnai proses hidup kita bersama dengan orang lain. Karena hal itu tidak mungkin dihindari, maka dibutuhkan kebesaran hati dan hikmat dari Tuhan untuk mengelola semua yang terjadi dalam hidup kita bersama orang lain.  Sebab hanya dengan mengandalkan Tuhan saja kita akan mampu menghayati semua pengalaman hidup kita. Dengan sudut pandang yang indah memaknai ulang semua yang sudah terjadi dalam kerangka besar penggenapan rencana Allah atas hidup kita.

Paulus, adalah seorang tokoh besar dalam sejarah pembangunan iman kita, telah terbukti menjadi orang yang berhasil melepas masa lalunya dan hidup secara baru. Boleh dikatakan masa lalunya cukup kelam.  Ia pernah menjadi seorang penganiaya jemaat Tuhan.  Ia menempatkan dirinya sebagai musuh Tuhan.  Namun ketika Tuhan memanggilnya, segalanya berubah dalam hidup Paulus.  Dengan kasih karunia Kristus, Paulus berhasil memaknai masa lalunya yang kelam menjadi indah dalam rencana Allah.  Ia yang dulunya sangat memusuhi orang-orang non Yahudi, sekarang justru dipakai Allah secara khusus untuk melayani orang-orang non Yahudi.

Kita bisa dipakai Allah seperti Paulus asal kita tidak terus hidup dalam kekelaman masa lalu kita, atau juga kejayaan masa lalu kita.  Yang sudah terjadi hanyalah sejarah yang bisa menjadi ingatan dan pelajaran hidup yang berharga.  Tuhan tidak menghendaki kita terus hidup dan bergerak dalam bayang-bayang kesedihan masa lalu atau hanya sekadar membanggakan kejayaan kita di masa lalu, tetapi Ia memanggil kita untuk hidup dan bergerak di masa sekarang, berkarya bagiNya.

{SunFlow{

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*