suplemenGKI.com

Di awal pelayanan YESUS di dunia, kala itu Iblis mendapat kesempatan untuk mencobai DIA dan berkata,” Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.” Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” (Matius 4:4-5).
Sebagai Anak ALLAH, tentulah YESUS menaruh perhatian utama pada hal-hal rohani yang menjadi kehendak ALLAH Bapa di Sorga. Tapi melalui statement di atas, bukan berarti YESUS lantas bertindak ekstrim sehingga tak menganggap penting persoalan jasmani manusia, apalagi sampai berkata, “yang penting mereka sudah kenyang secara rohani”. Kita perlu mengingat bahwa YESUS memang ALLAH yang sempurna tetapi ketika DIA menjelma menjadi manusia dan tinggal sementara di dalam dunia fana, itu menunjukkan bahwa DIA tidak hanya hadir serta mempedulikan kebutuhan rohani manusia melainkan kebutuhan jasmani juga.
Kepedulian Yesus pada kebutuhan jasmani manusia nampak juga seperti dicatat oleh Markus dalam pasal 6:30-44 (ayat 37). Belaskasihan YESUS muncul tatkala DIA memperhatikan bahwa perut orang-orang di sekitarnya meronta karena kelaparan. Dalam tubuh manusiawiNya, DIA sangat memahami apa itu kelaparan, sama seperti DIApun juga bisa penat saat tubuhNya kelelahan sehingga DIA sempat menyatakan kebutuhanNya untuk beristirahat (perhatikan ayat 31-32). Dan hebatnya lagi, YESUS bukan saja mengerti dan memahami rasa lapar mereka, namun DIA mengajak dan menyuruh para murid untuk bersegera  “mengupayakan” agar kebutuhan makan orang-orang itu dapat terpenuhi (ayat 37). Sebenarnya ada beberapa alasan kuat bagi YESUS untuk tidak harus mengurusi soal makan mereka, misalnya: DIA sudah sangat letih dan perlu istirahat, atau alasan lainnya adalah: DIA sudah mengambil bagianNya dengan memenuhi kebutuhan rohani mereka, jadi sekarang giliran mereka untuk mengambil bagian dalam soal pemenuhan pangan mereka sendiri. YESUS memang memiliki begitu banyak alasan yang bisa dijadikanNya senjata agar diriNya tidak perlu “repot-repot” mengurusi kebutuhan orang-orang di sekitarNya, namun itu tidak dilakukanNya., sebab:
Þ    YESUS adalah TUHAN yang sangat mengasihi anak-anakNya sehingga DIA begitu peduli terhadap detil kebutuhan manusia, entah itu bersifat rohani atau jasmani.
Þ    YESUS ingin mengajar dan mengajak para murid untuk menghadirkan Kerajaan Sorga melalui cara-cara praktis yang sangat menyentuh kebutuhan manusia sehari-hari (termasuk soal pemenuhan kebutuhan pangan manusia)
Hari ini kita memperingati Hari Pangan Sedunia. Semoga kepedulian KRISTUS kepada orang-orang yang kelaparan itu juga mendesak kita untuk turut ambil bagian dalam menghadirkan Kerajaan Sorga, yaitu melalui kepedulian kita terhadap pemenuhan pangan umat manusia. Mari ambil bagian, walau kecil dan tak seberapa (mungkin hanya ibarat 5 roti dan 2 ekor ikan kecil. Tapi percayalah, tak pernah ada kiprah yang tetap kecil saat kita menyerahkannya kepada kuasa ALLAH yang besar (ayat 38-44).
-HaYe-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«