suplemenGKI.com

TUHAN menghendaki kita untuk tampil menjadi pemenang. Menang dari siapa atau atas apa? Bukan kemenangan melawan seseorang atau sesuatu di luar kita, melainkan kemenangan melawan “diri kita sendiri”. Dari bacaan Leksionari kali ini (Yesaya 50:4-9; Mazmur 31:9-16; Filipi 2:5-11, dan Matius 21:1-11), Firman TUHAN menegaskan, jika kita ingin berseru nyaring “Akulah Sang Pemenang!”, maka yang harus kita takhlukkan dari dalam diri kita adalah:
1. Kecenderungan alamiah kita sebagai orang berdosa yang suka memberontak dan tidak bersikap taat kepada ALLAH. Kesediaan untuk senantiasa mencondongkan pikiran, hati dan perilaku hanya kepada kehendak ALLAH, sesungguhnya itu adalah awal kemenangan kita. (Yesaya 50:7)
2. Kecenderungan kita untuk mengasihani diri hingga menjadi seolah tidak berdaya saat ditimpa pergumulan berat. Sikap berserah penuh dan percaya kepada campur tangan ALLAH di dalam masalah yang kita hadapi akan menarik kita kepada kemenangan besar (Mazmur 31:15-16).
3. Kecenderungan kita yang egois dan egosentris sehingga kita menjadi orang yang mudah dikuasai oleh dosa kesombongan/keangkuhan. Belajar dari keteladanan KRISTUS yang rela mengosongkan/merendahkan diri demi kasihNya kepada Bapa dan manusia, akan menuntun kita kepada kemenangan yang ALLAH sediakan (Filipi 2:8-9)
4. Kecenderungan kita yang berusaha mengangkat diri sendiri/ingin ditinggikan dan dianggap penting dalam banyak aspek kehidupan kita. Padahal bercermin dari peristiwa “YESUS dielu-elukan di Yerusalem”, kemenangan sejati itu hanya terjadi saat KRISTUS “berhasil” kita tinggikan dan muliakan di seluruh kehidupan dan pelayanan kita (Matius 21:8-9).
Kiranya ALLAH Roh Kudus memampukan kita untuk terus berjuang tanpa lelah demi mengikis habis kecenderungan-kecenderungan negatif itu, hingga kita berjumpa dan menerima kemenangan gemilang yang telah ALLAH siapkan bagi kita, anak-anak yang dikasihiNya. Amin!

-HaYe-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*